Opini  

Mengembangkan Kreativitas Ilmu Teknologi Peserta Didik SDIT An-Nadzir Payakumbuh Melalui Pelatihan Coding

Oleh : Ummul Khairin, S.Pd., Gr (Guru SDIT An-Nadzir Payakumbuh)

Pada zaman sekarang, teknologi sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana yang kita ketahui,  bahwasanya teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Jadi, dapat dikatakan bahwa dengan adanya teknologi, maka suatu aktivitas akan lebih mudah untuk diselesaikan. Begitupula halnya dengan dunia pendidikan, teknologi sudah tidak asing lagi bagi peserta didik di sekolah.

        Dalam rangka meningkatkatkan mutu pendidikan berbasis teknologi, peserta didik SDIT An-Nadzir Payakumbuh mengikuti kegiatan Pelatihan Coding yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh dan bekerja sama dengan Ruang Guru. Peserta didik An-Nadzir Payakumbuh mengikuti kegiatan ini pada jam 15.30-17.30 wib dan didampingi oleh 3 guru di sekolah. Peserta didik yang diikutsertakan itu dari kelas 4 dan 5 yang berjumlah sebanyak 25 orang.

Adapun coding itu sendiri adalah aktivitas menyusun kode-kode instruksi yang bisa dimengerti oleh komputer agar dapat menghasilkan berbagai karya seperti animasi, game, aplikasi dan lainnya. Pelatihan coding ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan logika, matematika, bahasa inggris dan kreativitas peserta didik. Pelatihan coding juga dapat melatih fokus peserta didik dalam membuat animasi dan keterampilan dalam memecahkan masalah karena harus sistematis dalam menyusun kode-kode yang ada.

         Pelatihan coding dilaksanakan sebanyak 15 kali pertemuan yang dilakukan secara hybrid learning. Kegiatan Coding  ini diawali dengan sosialisasi pengenalan Coding pada peserta didik  dan orang tua melalui zoom metting di sekolah masing-masing. Pertemuan pertama diadakan pada awal maret 2024 secara online disekolah masing – masing dan difasilitasi oleh sekolah. Untuk pertemuan terakhir kegiatan coding dilaksanakan se-Kota Payakumbuh di SMPN 2 Payakumbuh pada hari Selasa 06 Agustus 2024. Pada pertemuan yang ke-16 ini  pelatihan coding dilakukan secara offline. Kegiatan yang dilakukan adalah mereview kembali pembelajaran yang telah dilaksanakan pada pertemuan sebelumnya dalam bentuk games yang dibuat menggunakan aplikasi coding. Adapun games tersebut berupa viar, puzzle dan lain sebagainya.

Harapannya setelah melaksanakan kegiatan coding ini, peserta didik bisa menghasilkan beragam karya yang menarik. Dan juga peserta didik diharapkan nantinya untuk bisa membuat game dan animasi sesuai dengan kreativitas dan berbagai bakat yang mereka miliki di dalam bidang teknologi.(***)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *