Mensos RI Kunjungi Parambahan Paska Banjir Bandang Perintahkan Pindahkan Titik Pengungsi

Limakaum,metrosumatra.com.

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini berkunjung ke Tanah Datar Pasca Banjir Bandang dan berharap jangan Titik Pengungsi di jalur lahar dingin.

Itulah yang disampaikan Menteri Sosial RI di Posko Penampungan Nagari Parambahan Kamis (16/05/2024) dihadapan Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana, Ketua TPPKK Tanah Datar Lise Eka Putra, Kapolres Tanah Datar Derry Indra, Kajari Tanah Datar Otong Rahayu, Ketua PN Tanah Datar, Staf Ahli Bupati Nusyirwan dan lainnya.

Risma mengingatkan pemerintah setempat untuk segera merelokasi atau memindahkan titik pengungsian masyarakat Parambahan yang semula dipusatkan di Masjid Ubudiyah Parambahan ke lokasi yang lebih aman.

Menurut Risma, berdasarkan pengamatannya bersama ahli vulkanologi, lokasi pengungsian masyarakat Parambahan saat ini berada di jalur lahar dingin, yang cukup mengancam.

Risma pun sebut,kalau liat peta dari Vulkanologi, ini ada beberapa titik selain jalur lahar dingin, ada daerah likuifaksi, ini harus dihindari dari penduduk, karena begitu ada gerakan maka likuifaksinya yang selama ini diam seolah-olah tidak apa-apa itu akan bergerak.

Menteri Sosial RI setuju lokasi pengungsian akan dipindahkan ke SMP 4 Batusangkar dan dinilai aman oleh Mensos dan tim. Di lokasi itu juga telah digali sumur bor darurat untuk kebutuhan air bersih pengungsi setempat.

Di kesempatan itu, Mensos Risma bersama rombongan juga menyerahkan sejumlah bantuan berupa makanan dan mainan untuk anak-anak dipengungsian. 

Risma juga memberikan motivasi dan semangat untuk seluruh pengungsi terdampak banjir lahar dingin dan galodo di Parambahan.(STM).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *