News  

Musnag Salimpaung Satukan Aspirasi Musjor Dijadikan RKP

Salimpaung,metrosumatranews.com. Musyawarah Nagari (Musnag) dilaksanakan Badan Perwakilan Rakyat Nagari (BPRN) Salimpaung Selasa (15/06/2021) dihadiri dari pihak pemda Tanah Datar, Camat, Perangkat Nagari Salimpaung, Datuk Ninik Mamak, Bundo Kandung, Tokoh Pemuda, Kepala SD,SMP, dan MAS Salimpaung serta Kepala Jorong Nan II Suku,Koto Tuo, Padang Jaya dan Nan IX.

Sekapur sirih oleh Drs. Marjohan selaku Wali Nagari Salimpaung sampaikan,Musnag Salimpaung ini sudah 2 tahun tidak terlaksana terakhir 2019 lalu, karena Suasana Pandemi Covid-19.

Sementara aspirasi terimput sebelumnya yang sudah dalam Rencana Kegiatan Pembangunan (RKP) Nagari banyak belum bisa terlaksana, sehingga tahun 2020 hanya dalam Rkp dua jorong terleksana yaitu jorong Padang Jaya dan Nan II Suku.

Lanjut Marjohan, untu keseimbangan dilaksanakanlah tahun 2021 untuk jorong Nan IX dan Koto Tuo pembangunan dibidang fisik.

Selanjutnya bagaimana pelaksanaan RKP Nagari yang belum terlaksana, mari kita musyawarahkanlah di Nagari sekarang Jadikan prioritaskan untuk berikutnya.

Ketua BPRN Yayan Dt Rajo Sampono buka Musnag Salimpaung dan sampaikan, sebelum Musnag ini kami BPRN telah menghimpun aspirasi- aspirasi yang diprioritaskan di Jorong- Jorong10-13 juni lalu.

Musyawarah Jorong (Musjor) juga Merujuk kepada perbub dan permen, dengan mensejahterakan masyarajat, bagaimana pertumbuhan ekonomi merata, begitu juga dalam musnag ini.

Yayan Dt Rajo Sampono pun jelaskan dalam mempelajari pembangunan nanti hendaknya yang ada masalah, dengan artikata pembangunan yang belum ada jadi ada, Seperti buka jalan baru yang belum bisa roda dua atau empat melaluinya sekarang bisa Atau bersifat darurat.

Sementara dalam Musjor yang kita lakukan telah terinput 18 usulan prioritas dari 4 jorong pembangunan fisik, 5 Jorong Nan IX,5 Jorong Koto Tuo, 5 Jorong Nan II Suku dan 3 dari Jorong Padang Jaya.

Ketua BPRN pun sebut ada juga diprioritaskan dibidang Wisata BBukitgodang Salimpaung, sementara pihak Dinas Pariwisata tidak hadir, kami mengharap ya Ketua Tim Kabupaten lah akan menyampaikannya.

Sementara di bidan pendidikan mungkin ada masih tertinggal sampaikanlah dan yang jelas usulan dan aspirasi kita susun di RKP Nagari, sebab kalau tidak ada di RKP tidak bisa terlaksana.

Erman. Sos sekcam Salimpaung juga sampaikan Musnag tidak asing lagi bagi kita yang mana rutinitas tahunan kita laksanakan, Namun berharap di munag tersusunnya RKP untuk 2022 ini, dan RKP itu berujuklah RPJM Nagari sehingga bisa dilaksanakan.

Selanjutnya Ketua Tim Kabupaten Tanah Datar Lisda.M sampaikan rujukan dan pedoman tentang pelaksanaan Musyawarah Nagari. (STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *