Nagari Koto Baru Alamnya Subur, Udaranya Sejuk dan Pemandangannya Luar Biasa Indah

X Koto,metrosumatranews.com.                                   Nagari Koto Baru adalah sebuah nagari yang terhampar di Kecamatan X Koto Tanah Datar. Letaknya strategis di kiri kanan jalan negara Padang Panjang ke Bukittinggi, sama seperti nagari lain di Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar.

Sebagaimana kata Dr.Alfian Jamrah kepada metrosumatranews.com minggu lalu sesuai yang disampaikannya ketika Musyawarah Nagari Koto Kamis, 24 Juni 2021, bahwa Nagari Koto Baru alamnya sangat subur, udaranya sejuk dan pemandangannya luar biasa indah.

Nagari Koto Baru juga mempunyai cukup banyak potensi yang dapat dikembangkan untuk kemajuan nagari dan kesejahteraan masyarakat, diantaranya punya Pasar sayur yang terbesar di Sumatera Barat pemasok sayur-sayuran ke berbagai daerah dan provinsi lain.

Koto Baru pintu masuk ke arena pendakian gunung Marapi yang senantiasa dikunjungi ribuan orang pendaki terutama pada hari libur dan tahun baru, pesanggrahan gunung Marapi dengan panorama alam yang sangat menakjubkan sebagai area rekreasi dan camping, tutur Dr.Alfian.

Juga Talago Kanang yaitu danau mini sebagai objek wisata, tempat pemeliharaan ikan dan sumber air, memiliki Masjid yang berbalut ukiran kayu dan jadi salah satu ikon Sumatera Barat yang fotonya banyak terpampang di kalender.

Lagi kata Dr.Alfian Jamrah, punya MAN dan MAKN sebagai sekolah berprestasi yang alumninya banyak melanjutkan pendidikan ke Timur Tengah.

Di Koto Baru pun terkenal Bika makanan khasnya yang biasa dikenal Bika si Mariana dan Bika Talago, dan lainnya, di sini juga banyak kios yang menjual sayur, bunga dan buah, sepanjang jalan Negara dan Kabupaten.

Dr.Alfian Jamrah sampaikan harapannya semoga ke depan dapat lebih dikembangkan lagi untuk kesejahteraan masyarakat Nagari Koto Baru Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar.(STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *