Nagari Tapi Selo Tanah Datar Juara I Nasional Pilot Project GKSTTB

Surakarta,metrosumatra.com.

Puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 dan Jambore Nasional (Jamnas) Kader PKK Tahun 2024 yang dipusatkan di Taman Balekambang Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah,  Kamis (16 /05/2024).

Pada kesempatan itu diumumkan Nagari Tapi Selo Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat Juara I ditingkat Nasional, dicanangkan sebagai pilot project Gerakan Keluarga Tanggap dan Tangguh Bencana (GKSTTB).

Nagari Tapi Selo ini sebelumnya dari beberapa tahapan penilaian mulai dari tim penilai TPPKK provinsi dan TPPKK Pusat yang telah melakukan verifikasi lapangan, juga meraih peringkat I di Provinsi Sumatera Barat sehingga berhak mewakili ketingkat Nasional ini.

Sebagai pilot project GKSTTB menuju Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Nagari Tapi Selo terus berbenah seperti dengan meninggalkan kebiasaan lama menggunakan WC cemplung atau jamban ke WC dengan sani tasi yang lebih baik atau menggunakan saptiktank begitu juga dengan kebiasaan hidup bersih lainnya.

Pada saat puncak HKGPKK tersebut juga diumumkan Provinsi Sumatera Barat juga meraih Juara I Pilot Project Program Gelari Pelangi dan  Juara III Lomba Cerdas Cermat (LCC) tingkat nasional dengan peserta dari Kota Bukittinggi pada kegian Jamnas PKK tersebut, dimana sebelumnya di hari pertama Tanah Datar juga mewakili Provinsi Sumatera Barat lomba memasak pangan lokal sumber karbohidrat non beras.

Ketua TPPKK Pusat Ny. Tri Tito Karnavian pada saat puncak HKGPKK ke-52 yang juga turut dihadiri Ibu Negara Ibu Iriana Joko Widodo selaku pelindung utama TPPKK yang turut didampingi Ibu Wury Ma’aruf Amin yang juga selaku pelindung TPPKK serta Pengurus OASE Kabinet Indonesia Maju tersebut melaporkan bahwa jumlah kader PKK yang hadir mencapai 8.083 orang, yang datang dari Aceh hingga Merauke.

Hadiri pula pada puncak HKGPKK tersebut Ketua TP PKK Provinsi Jawa Tengah, Shinta Nana Sudjana, Ketua TP PKK Kota Solo Selvi Ananda serta seluruh Ketua TP PKK Provinsi, Kabupaten, hingga Kota dari seluruh Indonesia.

“Kader PKK telah hadir di Solo mulai 13 Mei sampai hari ini, dengan total 8.083 kader dari Aceh sampai Merauke,”ucapnya.

Sementara itu dalam suasana yang hangat dan penuh keakraban, Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengajak seluruh kader PKK yang hadir untuk berdiri. Dengan senyuman hangat, ia bertanya kepada mereka tentang kesan mereka selama berada di Kota Solo serta makanan favorit yang mereka nikmati di kota tersebut.

“Ini dari Sabang sampai Merauke, banyak sekali. Bagaimana Bu, senang di Solo? Sudah berapa hari? Apa makanan yang disukai Ibu semua? Jangan lupa beli oleh-oleh,” ucap Ibu Negara dengan ceria.

Ibu Negara tidak banyak memberikan arahan dalam sambutannya, namun ia menyampaikan ucapan selamat atas peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 tahun kepada seluruh tim penggerak dan kader PKK sembari memberikan beberapa pertanyaan dan memberikan hadiah sepeda.

“Pertama saya ucapkan selamat Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 kepada tim penggerak PKK dan kader PKK seluruh Indonesia,” ujarnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan prosesi pemotongan nasi tumpeng sebagai simbolisasi puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 dan Jambore Nasional Kader PKK 2024. Dan pemberian penghargaan tokoh yang berjasa dan kader PKK yang sudah mengabdi di atas 30 tahun. (hms/STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *