News  

Pacu Tabang Itiak di Gelanggang Padang Laweh, Perebutkan 2 Bintang Emas dari Bupati Safaruddin

LIMAPULUH KOTA, metrosumatranews.com — Bupati Kabupaten Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Limapuluh Kota, Ibu Nevi Safaruddin didampingi Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Limapuluh Kota, Syukri Anda,SH memastikan akan hadir membuka acara Pacu Tabang Itiak yang digelar di Gelanggang Padang Laweh, Jorong Tanjug Haro Selatan, Nagari Sikabu-kabu Padang Panjang (Sitapa) Kecamatan Luak, Sabtu siang (18/11/2023).

Bupati Safaruddin mengapresiasi kerja keras panitia Pacu Tabang Itiak Gelanggang Padang Laweh, Jorong Tanjug Haro Selatan, Nagari Sikabu-kabu Padang Panjang yang telah bekerja keras mengelar seni tradisi anak nagari yang sudah menjadi kalender Pariwisata Sumatera Barat ini.

” Pacu Tabang Itiak tidak hanya menjadi aset daerah sebagai seni tradisi anak nagari, namun Kemendikbud Ristek telah menetapkan seni tradisi anak nagari Pacu Tabang Itiak ini masuk dalam daftar Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia,” ungkap Bupati Safaruddin.

Kedepan, ulas Bupati Safaruddin, tugas kita adalah lebih menggiatkan kegiatan pelestarian seni tradisi anak nagari Pacu Tabang Itiak ini, sehingga juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, baik bagi pelaku dan peternak itiak itu sendiri.

“ Ditetapkannya seni tradisi Pacu Tabang Itiak dalam kalender pariwisata Sumatera Barat dan ditetapkannya Pacu Tabang Itiak sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia, tentu menjadikan kegiatan seni tradisi Pacu Itiak ini sebagai salah satu alat daya ungkit ekonomi masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota. Itu berarti juga Pacu Tabang Itiak sudah diakui secara Nasional sebagai salah satu warisan budaya yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat, “ ujar Bupati Safaruddin.

Dikatakan Bupati Safaruddin, tradisi anak nagari Pacu Tabang Itiak ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk datang berkunjung ke Kabupaten Limapuluh Kota. Para wisawatan yang lama tinggal di Limapuluh Kota jelas akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Untuk memeriahkan alek anak nagari Pacu Tabang Itiak yang digelar Pengurus Persatuan Olahraga Terbang Itiak (PORTI) Gelanggang Padang Laweh, Bupati Safaruddin memberikan dua Bintang Emas sebagai Hadiah Utama untuk diperebutkan pada kelas bergengsi boko jarak terbang 1600 meter untuk alek hari Sabtu dan Minggu 18-19 November 2023.

Untuk memotivasi panitia penyelenggara, Bupati Safaruddin tidak hanya memberikan dua Bintang Emas untuk hadiah, namun juga memberikan bantuan baju kaos seragam untuk panitia Pacu Tabang Itiak Gelanggang Padang Laweh, Jorong Tanjug Haro Selatan, Nagari Sikabu-kabu Padang Panjang.

Sementara itu Ketua Reinbond Kabupaten Limapuluh Kota, Sastri Andiko mengapresiasi dukungan Bupati Safaruddin atas terselenggara dan sukseskannya alek anak nagari Pacu Tabang Itiak yang digelar pengurus Persatuan Olahraga Terbang Itik (PORTI) Gelanggang Padang Laweh.

“ Dukungan dari Bupati Safaruddin tentunya menjadi penyemangat bagi pelaku dan pecinta seni tradisi Pacu Tabang Itiak agar terus bersemangat melestarikan seni tradisi yang telah menjadi agenda tahunan untuk mendukung sektor kepariwisataan daerah ini,” pungkas Sastri Andiko yang juga anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota ini.  (FR)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *