News  

Pasar Ternak Koto Baru Butuh Yang Referesentatif Dari Pemerintah

X Koto,metrosumatranews.com.

Pasar ternak Koto Baru Kecamatan X Koto Tanah Datar yang sudah lebih 10 tahun menumpang pada kawasan PJKA, tidak layak sebagai sebuah pasar ternak yang referesentatif dikeluhkan para pedagang agar Pemerintah Daerah Tanah Datar dapat membangun pasar ternak yang memadai.

Hal tersebut disampaikan oleh sejumlah toke ternak kepada Media ini Selasa lalu ketika meninjau langsung keadaan pasar yang  dikeluhkan itu. Selain sempit juga berdekatan dengan rumah masyarakat.

Sedangkan peternak atau toke yang memanfaatkan pasar ini datang dari berbagai daerah baik dari Tanah Datar. Agam Padang Panjang maupun dari Payakumbuah bahkan ada yg dari Sijunjung dan Darmasraya ujar mereka.

Sampai 100 ekor sapi yang hadir di pasar itu dengan perputaran uang lebih dari Rp.500 juta sampai Rp.1 Milyar karena ternak jenis Sumental yang dipasarkan di pasar ini harganya diatas Rp.20 Juta katanya. Untuk itu diharapkan Pemerintah Daerah hadir menjawab keluhan pedagang itu.

Selain tidak ada lahan untuk menambatkan ternak pakan ternak juga beratapkan langit saja,  juga tidak adanya kantor pengelola yang jelas tentu juga tidak ada retrebusi yang diperoleh baik oleh Nagari maupun oleh Daerah seperti layaknya sebuah pasar.

Berbicara tentang lokasi pasar sudah ada yang mau pelepaskan haknya sekitar 1 Ha lebih di belakang pasar Koto Baru yang telah diperluas itu ujar mereka.(M/STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *