Pelaksanaan Festival Pesona Minangkabau 2021 Terapkan Proses Yang Ketat

Batusangkar,metrosumatranews.com.
Puluhan wartawan yang bertugas di Kabupaten Tanah Datar hadiri jumpa pers dalam mendengarkan paparan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Datar Abdul Hakim.SH, Rabu (10/11/2021) di Aula PKK Tanah Datar Batusangkar.

Sebagaimana di Tanah Datar akan dilaksanakan festival pesona budaya Minangkabau pada Sabtu Minggu (13-14/11/2021) yang berpusat di Istana Basa Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar, kata Abdul Hakim.

Menurut Kadis Pariwisata, festival pesona budaya Minangkabau adalah even terbesar di Sumatera Barat yang dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, dan akan menampilkan arakan budaya dan potensi nagari sebagai Tanah Datar 14 Kecamatan.

Juga kata Kadis, kita pemecahan Rekor MURI tari piring diatas kaca terbanyak adalah merupakan seni budaya spesifik tari piring, ditampilkan oleh sanggar seni yang ada di Tanah Datar.

Sementara dalam pelaksanaan nantinya memenuhi syarat yang sudah ditentukan, yakni menerapkan protokol kesehatan yang ketat, memenuhi unsur CHSE, cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan) dan ebvironment sustainability (kelestarian lingkungan).

Event yang akan digelar dalam festival antaranya, pembukaan festival Minangkabau, pawai budaya authentic Minangkabau, pergelaran silat Minangkabau, pergelaran tari spesifik Minangkabau sekaligus pemecahan rekor MURI, pergelaran budaya Minangkabau, Minangkabau expo, festival matrilineal dan pemeran benda pusaka, pasar kuliner Minangkabau dan lomba konsep even nagari.

Abdul Hakim pun sampaikan visi,misi dan tujuan festival, visi “menjadikan Tanah Datar sebagai daerah tujuan wisata berskala dunia, misi “menggali,mengembangkan dan melestarikan potensi budaya serta kearifan lokal.

Sedangkan tujuan, melestarikan dan mengembangkan nilai kearifan lokal, meningkatkan kunjungan wisatawan, meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengembangan pariwisata dan meningkatkan perekonomian masyarakat.(STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *