Daerah  

Pelatihan Berbasis Kompetensi di Batubulek Dibuka Disnakerin Tanah Datar

Lintau,Metrosumatra.com.

Pada hari Kamis,16 Mei 2024 lalu di Nagari Batubulek berlangsung acara pembukaan pelatihan berbasis kompetensi keterampilan pembuatan souvernir.

Acara ini langsung di buka Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian,Suherman yang di dampingi Kabid Tenaga Kerja Isma Efriyenti,SE dan   rombongan lainnya.

Dalam acara itu dihadiri camat Lintau Buo Utara,Wali Nagari Batubulek beserta ketua TP PKK Kecamatan dan Nagari,Ketua KAN, BPRN,Ketua Lembaga Unsur,Kepala Jorong serta instruktur pelatihan.

Pelaksanaan kegiatan pelatihan berbasis kompetensi ini mengacu kepada Surat Wali Nagari Batubulek yang masuk ke Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Nomor: 400.1.2.1/31/Pem/WN-BB/2024 Tanggal 20 Maret 2024 perihal permohonan kegiatan pelatihan pembuatan souvernir.

Kemudian di tindaklanjuti oleh Disnakerin dengan Surat nomor :500.3/96/DISNAKERIN-TD/2024 tentang permintaan data peserta.

Dasar di adakan pelatihan ini mengacu kepada profil Kabupaten Tanah Datar menciptakan usahawan baru dan lapangan kerja sekaligus bertujuan untuk menambah dan memperluas wawasan kerja.Kegiatan pelatihan berlangsung selama 20 hari,dari 16 Mei s/d 7 Juni 2024.

Dalam sambutan wali Nagari Batubulek Andi Musdar menyampaikan dengan adanya pelatihan pembuatan souvernir ini sangat membantu masyarakat dalam membuka wawasan dan keterampilan bagi masyarakat.kepada peserta pelatihan yang berjumlah 16 orang.

Wali  katakan, untuk mengikuti pelatihan dari awal sampai akhir.Sebab ini adalah pintu awal bagi peserta untuk mengembangkan karier terutama dalam bidan souvernir.Bahan-bahan utk souvernir itubanyak di Nagari kita.mari manfaatkan bahan yang ada.

Sedangkan arahan singkat dari camat Lintau Buo Utara menyampaikan, bahwa Nagari Batubulek adalah locus pelatihan berbasis kompetensi keterampilan pembuatan souvernir.

Salah satu Program Unggulan Bupati Tanah Datar yaitu membuka seribu lapangan kerja.Nagari mempunyai Destinasi Wisata Puncak Pato.kesempatan bagi kita untuk menjual hasil produk kita di sana.Hasil karya anak Nagari, sampai Camat.

Kadis Disnakerin mengatakan, bahwa dengan adanya pelatihan ini bisa menambah ilmu tentang pembuatan souvernir dan menjadikan kita berusaha untuk bisa Serta fokus dalam menghadapi pelatihan.

Jadikan bekerja itu sebagai ibadah dan mensyukuri danya pelatihan ini serta adanya manfaat dari pelatihan tsb serta merubah pola dan tingkah laku kita sendiri.Ada kebanggaan tersendiri dalam jiwa kita dengan hasil dari pembuatan souvernir serta bermanfaat untuk orang banyak.

Diakhir acara photo bersama serta penyerahan baju pelatihan dan olahraga,atk kepada peserta.(EF/STM).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *