News  

Peletakan Batu Pertama Pembangunan lokasi Parkir Masjid Subulussalam Jorong Patameh Lintau Buo Berjalan Sukses

Lintau Buo,metrosumatranews.com.       – Pengurus Masjid Subussalam Gazali Karani yang juga sebagai panitia pembangunan dalam laporan mengatakan, sejak dibangun pada tahun 1966 masjid tersebut telah beberapa kali dilakukan renovasi.

Semula menurutnya masjid ini hanya berukuran 8×7 meter, dan baru pada tahun 1987 oleh masyarakat dilakukan setempat dilakukan renovasi hingga dilanjutkan sampai ke lantai dua.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno didampingi oleh Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Tanah Datar Erman Rahman, Kabag Humas dan Protokol Yusrizal, Rabu (28/10) lalu melakukan peletakan batu pertama pembangunan lokasi parkir Masjid Subulussalam Jorong Patameh, Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo.

Pada kesempatan itu hadir juga anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Jefri Masrul, Camat Lintau Buo Agusril, Wali Nagari Pangian Abdul Wazid, serta Wali Kota Padang Mahyeldi dan para tokoh masyarakat setempat.

Diketahui bahwa Rencana Anggaran Belanja (RAB) untuk pembangunan lahan parkir masjid Subulussalam Jorong Patameh akan menghabiskan biaya sebesar Rp 1.858.000.000.

“Hanya saja dalam perkembangannya, kita mengalami kendala dengan tidak adanya lokasi parkir untuk para jamaah maupun orang yang sekedar singgah untuk menjalankan ibadah di masjid ini. Selain itu masjid ini letaknya juga didekat Pasar Jumat, sehingga memang sangat membutuhkan lahan parkir yang memadai.

Oleh karena itu, setelah kami membahas hal ini disepakati untuk membuat area parkir yang dibangun diatas telaga,” sebut Gazali.

Gazali juga mengungkapkan bahwa area parkir yang akan dibangun ini terpaksa di buat di area telaga, sebab sekeliling masjid sudah tidak ada lagi lahan yang bisa dimanfaatkan sudah sempit, sehingga biaya yang kami butuhkan melonjak menjadi 1.8 milyar lebih.

“Kami berharap agar pembangunan area parkir ini juga mendapatkan dukungan dan sekaligus bantuan dari pihak Pemda Tanah Datar maupun Pemprov Sumbar sehingga apa yang kami kerjakan berjalan dengan baik dan lancar. Karena manfaatnya akan sangat besar terutama bagi jamaah, jika selama ini kendaraan para jamaah yang datang diparkir di pinggir jalan, kedepan tentu bisa di parkirkan di tempat parkir yang akan kita bangun ini,” harap Gazali.

Sementara itu pada kesepakatan yang sama, Pjs Bupati Tanah Datar Erman Rahman mengapresiasi niat pengurus dan masyarakat Patameh khususnya untuk membangun area parkir tersebut.

“Bagaimanapun juga dengan niat baik kita bersama Insyaallah pembangunan area parkiran di masjid yang kita cintai ini dapat dibangun dengan lancar, ” ujarnya.

Pjs Bupati Tanah Datar yang juga merupakan Kepala BPBD Sumatera Barat di kesempatan itu juga tidak lupa mengajak dan mengingatkan para jamaah dan masyarakat untuk tetap waspada dengan penyebaran virus covid 19 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan.

“Kita tidak melarang untuk berkegiatan, apapun bentuk kegiatan seperti bekerja ke kantor, sawah, pasar, ladang, silahkan. Hanya saja, demi keselamatan kita bersama mari selalu melaksanakan protokol, apalagi sekarang sudah ada sanksi bagi yang melanggar,” imbaunya.

Erman juga mengajak agar masyarakat pada umumnya untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 3M. “Saat ini kita sudah sama-sama tahu jika kondisi sudah serba susah, oleh karena itu jangan sampai kita lebih susah lagi karena terkena sanksi akibat ulah kita sendiri yang tidak mau mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Makanya mari sama-sama saling menjaga demi kita semua,” ajaknya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, dimana dalam kondisi pandemi saat ini semua kegiatan tidak ada larangan dengan syarat menjalankan protokol kesehatan.

“Termasuk di masjid itu sendiri, kita harus tetap memakai masker, jaga kebersihan demi kesehatan bersama, ” ucapnya.

Terkait pembangunan area parkir masjid, dengan ciri khas menyelingi sambutan dengan pantun, Gubernur Irwan Prayitno optimis jika pengerjaan area parkiran akan dapat diselesaikan.

“Melihat semangat pengurus dan antusias warga dan bila dikerjakan secara bersama-sama, pengerjaan ini tidak akan berat. Kami dari Pemrov juga siap membantu demi kelancaran pembangunan,” tukas Irwan Prayitno.

Dalam kesempatan itu, gubernur juga menandatangani prasasti pembangunan area parkir sekaligus meresmikan dengan melakukan peletakan batu pertama pembangunan area parkir Masjid Subulussalam, disusul oleh Pjs Bupati Erman Rahman, anggota DPRD Jefri Masrul, mantan wali Pangian dan yang lainnya. (W/STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *