Daerah  

Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan MAN 2 Tanah Datar Dilakukan Kemenag Sumbar

Limakaum,metrosumatra.com.

Rabu (08/5/2024) yang bertempat di ruang pertemuan MAN 2 Tanah Datar Limakaum berlangsung pembinaan kepada guru dan tanaga kependidikan yang dilakukan oleh Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Mahyudin.

Kegiatan tersebut didampingi Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar dan dihadiri seluruh guru dan tenaga kependidikan ini, yang dipandu oleh Kepada Madrasah Sabrimen dan dihadiri Ketua Tim Umum Analis Layanan Umum Kanwil Kemenag Sumbar, Bagindo Muzami, Plt. Kasubbag TU/Kasi Penmad Kankemenag Tanah Datar, H. Helmi Zuldi serta Analis Layanan Umum Kantor Kemenag Tanah Datar, Adinofiar. 

Pada sambutan pertama, Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar H.Amril menyampaikan 4 fokus utama transformasi Madrasah yang menjadi kunci perubahan dan kesuksesan Madrasah dalam menghadapi era globalisasi dan digitalisasi. 

“Transformasi kurikulum (merdeka), tingkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana Madrasah, serta manajemen tata kelola Madrasah yang bertumpu pada akuntabilitas dan transparansi keuangan”, tutur H. Amril.

H. Mahyudin sampaikan, Madrasah bersama sekolah umum menjadi ujung tombak pencetak masa depan bangsa, oleh karenanya Kepala Kanwil Kemenag Sumbar menekankan pada kualitas guru dan tenaga kependidikan Madrasah. 

“Tugas pokok guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi anak didik serta menjadi teladan selain orang tuanya di rumah”, demikian penyampaian H. Mahyudin. 

Adapun tolok ukur keberhasilan guru bisa dilihat dari output anak didik yang tamat, apakah banyak yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi favorit, selain itu bisa dilihat dari banyaknya even yang diikuti dan kemampuan bersaingnya baik di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi ataupun Nasional.

 “Adapun kompetensi yang harus dimiliki guru antara lain : pendagogik, kepribadian yang bisa diandalkan, Sosial yaitu mampu mempengaruhi anak didik dan berkoordinasi dengan orang tua dan pihak lain, serta profesional dengan sertifikasi dan kompetensi jenjang pendidikan”, tutup H. Mahyudin.

Kepada MAN 2 Tanah Datar, Sabrimen juga sampaikan, pembinaan ini dinilai penting untuk MAN 2 Tanah Datar, terlebih 2 minggu lalu uapacara bendera dihadiri langsung oleh Bupati Tanah Datar, Eka Putra, yang menunjukkan bahwa ada concern Pemerintah terhadap kemajuan Madrasah. 

“Kami berbahagia diberi pembinaan dari Kepala Kanwil, banyak ilmu yang didapat terlebih beliau sebelumnya cukup lama berkecimpung di Bidang Madrasah, seperti Kepala Kanwil dalam sambutannya tadi, mudah-mudahan barokah”, ujar Sabrimen. (HK/STM).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *