News  

Plt Bupati Kuansing Buka Bimtek Pengabdian Masyarakat Dari UIR

Teluk Kuantan,metrosumatranews.com.

Plt Bupati Kuansing Drs H Suhardiman Amby hadir dan buka bimbingan teknis (Bimtek) pengabdian masyarakat dari universitas Islam Riau (UIR) rabu (17/11/2021).

Acara yang berlangsung di kantor camat kec Kuantan,dihadiri sebanyak 42 peserta, terdiri dari direktur, sekretaris dan bendera BUMDES sekecamatan Hilir Seberang.

Selanjutnya hadir dari tim pengabdian masyarakat ekonomi arsitektur universitas Islam Riau,prof.Dr H Detri Karya SE.MA, Azmansyah SE,M.econ, Efi Susanti SE,M.Acc,sebagai pemberi materi peningkatan peran BUMDES untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui sumberdaya manusia , yang berada di kecamatan. Kuantan Hilir Seberang kabupaten.Kuantan Singingi.

Menurut Profesor Detri Karya perlunya peran BUMDES, karena memiliki potensi untuk meningkatkan peningkatan perekonomian masyarakat di kabupaten Kunsing,

“Dari apa yang kami tinjau permasalahannya ini masih saja di Indonesia ini, masalah-masalah yang berhubungan tentang pedesaan, sekarang banyak program pemerintah yang menurunkan untuk mengubah itu,”ungkapnya.

“Oleh karena itu dalam rangka percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat, kami dari universitas arsitektur ekonomi Islam Riau,ikut dan dalam masalah itu,hari ini kami datang untuk membicarakan tentang BUMDES,”lanjutnya.

Selanjutnya Camat Kuantan Hilir Seberang Novrion S, Sos menambahkan kondisi saat ini tentang BUMDES di kecamatan .Kuantan Hilir Seberang,

“Sekadar laporan alhamdulillah sebanyak 14 desa di kecamatan Kuantan Hilir Seberang ini, memiliki badan usaha milik desa (BUMDes) secara keseluruhan,”terang Novrion.

“Persoalan yang kami alami selama ini adalah masalah sumberdaya pengengola, untuk itu kami haturkan terima kasih, kepada profesor dan rombongan atas pengabdian yang di laksanakan di kecamatan.Kuantan Hilir Seberang ini untuk mendukung terciptanya sumberdaya pengengola dari BUMDes kita yang ada di kuantan hilir seberang ini , “sambungnya.

“Kemudian kendala yang kami rasakan selama dua tahun ini kami alami karena masah pandemi covid-19, sangat berdampak, terutama yang bergerak di jasa pariwisata, seperti di desa sungai sorik.ini terus terang yang kita harapkan kunjungan dari masyarakat,cuman dalam dua tahun ini sudah hampir tutup karena pandemi covid-19 ini,”ungkapnya.

Plt Bupati Kuansing Drs H Suhardiman Amby berharap kepada pemilik BUMDES-BUMDes di kecamatan Kuantan Hilir ini,agar bisa bertanding dengan BUMDES yang ada di kabupaten Kuantan Singingi.

“Saya ingin BUMDES-BUMDES yang ada di Kuantan Hilir ini agar bisa bersaing dengan BUMDES yang ada di kabupaten Kuantan Singingi ini,” harap Suhardiman.

Menurut Suhardiman masih banyak potensi-potensi sumberdaya yang dapat dijadikan produk-produk unggulan kabupaten Kuansing ini,

Suhardiman juga berharap agar Tim Pengabdian Masyarakat dari UIR ini bisa memberikan materi yang dapat memacu potensi seluruh BUMDES yang ada di Kecamatan Kuantan Hilir Seberang agar bisa berpacu untuk maju sehingga bisa menciptakan daya saing di pasaran.

“saya berharap agar BUMDES yang ada saat ini bisa bersaing dengan menampilkan sebuah karya baru yang banyak dipesan oleh masyarakat” tutup suhardiman.(Hari)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *