News  

Pokdakan Barokiah Dan Pokdakan Tobek Godang Panen Perdana Ikan Dihadiri Bupati

Limakaum,metrosumatranews.com.

 Jum’at (08/10/2021) Bupati Tanah Datar Eka Putra SE melakukan panen perdana pekerjaan percontohan budidaya ikan nila di Kelompok Budi Daya Ikan (Pokdakan) Barokiah Jorong Koto Gadih Nagari Limakaum Kecamatan Limakaum dan panen perdana ikan lele di Pokdakan Tobek Godang Kecamatan Rambatan.

Pada acara itu Bupati didampingi Plt. Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Tanah Datar Ir. Hilmi MSi, Kepala Dinas Koperindag, Kabag Humas, Camat Lima Kaum, Camat Rambatan, Wali Nagari Limo Kaum, Wali Nagari Rambatan serta Ketua anggota kelompok.

Kelompok Budi Daya Ikan (Pokdakan) Barokiah Jorong Koto Gadih Limo Kaum sebagai salah satu kelompok percontohan budi daya ikan nila menggunakan teknologi baru di Kabupaten Tanah Datar Jumat (8/10/2021) melakukan panen  perdana.

Laporan Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar Ir. Hilmi sampaikan, Pokdakan Barokiah di Koto Gadih Nagari Limo Kaum ini merupakan salah satu kelompok percontohan yang bekerjasama dengan Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar yang berhasil dalam budidaya ikan nila dengan memakai teknologi baru.

Percontohan ini berujuan untuk memperkenalkan teknologi baru kepada peternak ikan yang akan menghasilkan produksi dan cara beternak ikan yang baik, dimana terdapat 6 kelompok Pokdakan yang menjadi percontohan di Tanah Datar dan untuk percontohan ikan Nila Pokdakan Barokiah berhasil melakukan panen yang perdana pada hari ini, kata Hilmi.

Sebagaimana dengan menggunakan sestem dan alat teknologi baru ini di Pokdakan Barokiah  menghasilkan  4 (empat) ekor ikan nila setiap kilonya dalam jangka waktu 4 bulan, ungkap Hilmi .

Mayendra selaku Ketua kelompok tani ikan Barakiah menyampaikan terima kasihnya kerena Pokdakan Barokiah  mendapat kepercayaan untuk percontohan budidaya ikan nila dengan menggunakan teknologi baru dan hasilnya sangat memuaskan.

Bupati Tanah Datar, Eka Putra pada samnutannya mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mempunyai perhatian yang besar dalam rangka menumbuhkan ekonomi masyarakat. salah satunya yang perlu menjadi perhatian pemerintah adalah bidang perikanan, potensi peternakan ikan dapat berpengaruh untuk meningkatkan angka tenaga kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Dimana petani budidaya sudah dapat menggunakan teknologi yang canggih yang mempermudah dan mempercepat produksi sehingga menjanjikan untuk meningkatkan perrumbuha. Ekonomi masyarakat petani ikan, jelasnya Eka Putra.

Disamping menjanjikan ekonomi ikan merupakan makanan sehat dan tidak beresiko serta mudah dimasak dan dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat sehingga produksi ikan mudah dipasarkan. (STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *