Politeknik Pariwisata NHI Bandung, Pengabdian Masyarakat di Nagari Batubulek. Lintau Buo Utara

Lintau,metrosumatranews.com.
Nagari Batubulek, Kecamatan Lintau Buo Utara kembali mendapatkan kunjungan khusus dari salah satu Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia.

Dimana sebanyak enam Mahasiswa Politeknik Pariwisata NHI Bandung dibawah Dosen Pembimbing Lilis Jayanti,M.Par, yang beralamat di jl.Setia Budi nomor 186 Kota Bandung, Jabar.

Ke enam Mahasiswa tersebut adalah,Shadan Bill Arkhan, Sabina Earliza Definny, Valencia,Elena Kartika Dewi, Muhammad Wildan Jannatan, dan Mardhiyah Hanifah Putri, ke enamnya mahasiswa semester enam Program studi Destinasi pariwisata.

Sebagaimana melakukan Sosialisasi dan Pengabdian Masyarakat selama satu bulan,yaitu dari tanggal 27 Februari sampai 25 Maret 2023.

Hadir dalam pertemuan sekaligus pelepasan mahasiswa tersebut untuk kembali ke Bandung yang berlangsung di Kantor Wali Nagari,Selasa (21-03-2023) lalu dihadiri oleh Wali Nagari,semua lembaga unsur, LPM,Pokdarwis,karang taruna, pemuda, ketua PKK.

Dalam sambutan singkatnya Wali Nagari Batu Bulek Andi Musdar menyampaikan, ucapan terima kasih atas kunjungan mahasiswa politeknik Pariwisata NHI Bandung dinagari,semoga apa yang di buat dan dikerjakan di Nagari bermanfaat dan berguna bagi orang banyak,terutama di bidang pariwisata yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Dalam pemaparan yang disampaikan perwakilan mahasiswa dihadapan undangan yang disaksikan oleh dosen pembimbingnya, menjelaskan bahwa tujuan dari sosialisasi dan Pengabdian Masyarakat ini sesuai dengan prodi yang dibawa yaitu tentang destinasi pariwisata yang ada di Nagari Batubulek.

Katanya, dalam satu bulan penuh menggali dan mengumpulkan potensi yang ada yang dihimpun sehingga terbitlah sebuah buku panduan pariwisata desa Batubulek Sumatra Barat (The Beginning of Minangkabau Culture), terutama di bidang pariwisata, budaya,alam dan kuliner, sehingga pengunjung meningkat untuk datang ke Nagari Batubulek.

Sebutnya lagi, ada beberapa poin yang ada dalam buku panduan tersebut diantaranya 1.Panorama alam Puncak Bukik marapalam Pato,tempat berdirinya cikal bakal ABS-SBK (Adat Basandi Syara’, Syara’Basandi kitabullah.
2.Panorama Bukik Gajah (adventure)
3.Home stay (penginapan)
4.Aua Duri Rice Terrace (hamparan sawah)
5.Ngarai Batubulek (Adventure) untuk pecinta adu adrenalin,panjat tebing dsb.
6.Halifah Farm (Edu-Agro) penghasil susu etawa
7.Traditional Talam Cake ni En/kue Talam ni En (Kuliner) makanan khas Nagari Batubulek,serta banyak lagi yang lain.

Lilis Jayanti,M.Par selaku dosen pembimbing dalam sambutan singkatnya sampaikan, juga mengucapkan terimakasih atas sambutan warga atas kedatangan mahasiswa politeknik Pariwisata NHI Bandung mengadakan sosialisasi dan Pengabdian Masyarakat, ucapan terimakasih kepada seluruh elemen yang ada sehingga terciptanya sebuah buku panduan pariwisata Nagari Batubulek.

Lalu di akhir acara dosen pembimbing menyerahkan kenang-kenangan berupa cendera mata kepada Wali Nagari Batubulek,Andi Musdar dan dilanjutkan photo bersama.(Ef/STM).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *