Puncak Pelaksanaan Satu Nagari Satu Event 2023, Pemda Laksanakan FPM di Istano Basa Pagaruyung

Batusangkar,metrosumatranews.com.

Pelaksanaan satu Nagari satu Event di Kabupaten Tanah Datar dibeberapa Nagari telah terlaksana sukses dan lancar selama tahun 2023 ini.

Dengan kesuksesan itu maka Pemerintah Daerah Tanah Datar Laksanakan puncak dari satu nagari satu Event Festival Pesona Minangkabau (FPM) kata Kadis Parpora Tanah Datar Riswandi dalam jumpa pers Rabu (06/12/2023) di aula Dispora tersebut.

Riswandi sebut, FPM adalah event wisata budaya Minangkabau terbesar di Sumatera Barat, yang menggelar berbagai keunikan dan pesona budaya Kabupaten Tanah Datar,provinsi Sumatera Barat serta pemeran Ekraf dan desa wisata.

Sebagaimana kata Riswandi, festival pesona Minangkabau telah ditetapkan kementerian pariwisata Republik Indonesia sebagai wonder kharisma event Nusantara di Indonesia sejak tahun 2017 silam.

FPM kali ini menurut Ruswandi akan dihadiri sekitar 200 orang Diaspora dari 50 Negara, Australia, Singapura, Malaysia, Thailan dan lainya, dengan jadwal acara kamis sampai Minggu (07-11/12/2023).

Riswandi sampaikan jadwal kegiatan, kamis (7/12/2023) pembukaan festival budaya Minangkabau sekaligus penampilan berbagai budaya spesifik Minangkabau, menampilkan arakan budaya dan potensi nagari kabupaten Tanah Datar diikuti 75 nagari, makan bajamba salah satu ikon festival.

Lalu penggelaran seni buda minangkabau menampilkan seni budaya satu nagari satu Event yang ada di Luhak nan tuo Tanah Datar, Luhak Agam dan Luhak 50 Kota kamis sampai Minggu, Pagaruyung fashion show menampilkan aneka disain,kreasi fashion bernuansakan budaya Minangkabau.

Juga ada pameran desa wisata Tanah Datar, pameran benda-benda pusaka , pengukuhan dan seminar Bundo kandung yang diikuti Bundo kandung Malaysia, Australia, Turki dan lainnya Jum’at (8/12/2023), pacu Jawi Sabtunya (9/12/2023) di Nagari Padang Laweh, gelanggang silih baganti kamis-sabtu di lapangan Cindua Mato Batusangkar dan fistival Qasidah Rabana Jumat (8/12/2023) di lapangan Cindua Mato Batusangkar.

Riswandi pun mengharapkan semua potensi yang ada di Tanah Datar mendukung kegiatan ini supaya sukses dan lancar, apalagi seluruh media yang ada di Tanah Datar, medialah yang mempublikasikan semua kegiatan festival budaya Minangkabau ini.(STM).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *