News  

Pupuk Kimia Sulit Didapat, Bumnag Pagaruyung Cari Solusi Dengan Pengadaan Pupuk Organik Eco Farming

Pagaruyung,metrosumatranews.com.

Badan usaha milik nagari (Bumnag) Jaya Bersama Nagari  Pagaruyung hadir dalam memberikan solusi atas kesulitan pupuk bagi petani, dengan menyediakan pupuk Organik yang sehat dan dapat memenuhi kebutuhan petani kapan saja melalui Unit Usaha Pertanian di Nagari Pagaruyung tersebut.

Hal tersebut dibenarkan oleh Direktur Bumng Jaya Bersama Delmansyah kepada awak Media ini, mengingat sulitnya petani mendapatkan pupuk kimia apa lagi pupuk yang bersubsidi akhir akhir ini, selain sulit  mendapatkannya harganya juga makin naik sehingga tidak sebanding dengan biaya produksi.

Dengan kehadiran unit usaha pertanian pada Bumnag Pagaruyung yang saat ini sudah menerima pesanan pupuk organik Eco Farming, Slow Realase dan Foto Sentesa hari ini Kamis (21/07/2022) di Kantor Bumnag persis disamping Kantor Wali Nagari Pagaruyung tersebut. 

Pupuk ini  dapat diperoleh dengan mudah pada Kantor Bumnag dan dapat pula diberikan kelonggaran pembayaran sesuai pemakaian oleh petani bahkan pembayarannya dapat dilakukan setelah panen ujarnya itupun kalau kesulitan membayar kontan, tampa harus menabah biaya pembayarannya atau sesuai dengan harga dasar.

Untuk itu pihak Bumnag saat ini sedang berupaya  mensosialisasikan pada para petani melalui kelompok tani dan para Wali Jorong di Nagari Pagaruyung dengan dukungan Wali Nagari Pagaruyung.

Menurut Wali Nagari Pagaruyung St.KH.Dt.Magek, kehadiran usaha pertanian dengan memberikan keringanan cara pembayaran pupuk bagi petani sudah merupakan gebrakan yang sangat baik memihak kepada kepentingan masyarakat banyak ujarnya, sebab pada umumnya warga Pagaruyung adalah warga  Petani yang sangat banyak membutuhkan pupuk tersebut. diakuinya bahwa keluhan petani selama ini  adalah kesulitan mendapatkan  pupuk kimia itu apa lagi yang bersubsidi.

Dengan kehadiran Badan Usaha Milik Nagari membantu petani dengan cara memberikan kelonggaran dan masa tangguh pembayaran ini betul betul dapat mengatasi kesulitan tersebut apa lagi kalau harganya lebih murah  dan tidak sulit mendapatkannya kapan dibutuhkan Baranya tersedia.

Menurut Distributor Pupuk organik Eco Farming Marwan yang sudah menguji pakai  kemanjuran pupuk Organik itu untuk sejumlah lahan pertanian baik Padi palawija lainya maupun tanaman keras  di beberapa Kecamatan  di Tanah Datar,hasilnya  cukup menggembirakan.  Buktinya juga telah diukur langsung oleh Dinas Pertanian Tanah Datar melalui mengambilan ubinan ketika dilakukan panen Raya oleh Bupati Tanah Datar.

Ketua Komisi Dua DPRD Provinsi Sumatera Barat Ir.H.Arkadius Dt. Intan Bano ketika menghadiri panen Raya pemakai an pupuk Eco Farming ini di Pagaruyung dan Simpuruik bebera bulan lalu mengakui bahwa memang pupuk Eco Farming ini dapat dijadikan solusi  yg baik terhadap mengatasi  kesulitan pupuk kimia itu selama ini. Asalkan pemakaianyabsesuai dengan petunjuk teknis atau SOP nya.

Sementara harga pupuk organik itu tidak ada penambahan ongkos angkut dan biaya agen sehingga harganya sama dari pabrik sampai ke Petani ini patut deberikan dukungan karena kita harus hadir pada kesulitan petani tersebut.

Wali Nagari Pagaruyung dan Direktur Bumnag Jaya Bersama Pagaruyung siap  menjadikan Nagari Pagaruyung ini sebagai contoh bagi 75 Nagari  di aTanah Datar  yang saat ini rata rata mengalami hal yang sama setiap Nagari maka salah satu kehadiran Pemerintahan Nagari melalui Bumnag ini merupakan komitmen kita Bahwa Pemerintah harus hadir pada setiap kesulitan yang dialami masyarakat. Inilah wujud komitmen Nagari dan  kehadiran Pemerintahan Nagari pada saat masyarakatnya menjerit atas kelangkaan pupuk kimia selama ini ulasnya.

Semoga dengan terobosan Bumnag Jaya Bersama Nagari Pagaruyung ini bisa mengatasinya kesulitan pupuk bagi para petani yang dimulai di Nagari Pagaruyung sebagai Pilot Proyek satu satunya di Kabupaten Tanah Datar semoga petani makin sehat lahan makin subur ramah lingkungan serta dapat meningkatkan hasil produksi pertanianya juga sehat untuk dikonsumsi ( MW)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *