News  

Raker Jajaran Kemenag Kabupaten Tanah Datar Tahun 2023 di Aie Angek X Koto

X Koto,metrosumatranews.com.

Sebagaimana Selasa pekan lalu sebelum Ramadhan 1444 H berlangsung Rapat Kerja (Raker) jajaran Kemenag Kabupaten Tanahdatar tahun 2023, di Aie Angek Cottage Kecamatan X Koto Peserta Raker diikuti sebanyak 60 (enam puluh) orang.

Raker terdiri dari Kasubbag TU, Kasi dan Penyelenggara Zawa, Kepala KUA, Kepala Madrasah Negeri/Swasta, Ketua Pokjawas, Ketua Pokjaluh, Ketua APRI, Perwakilan Kaur TU Madrasah, JFT, JFU pada Kantor Kemenag Tanahdatar.

Sedangkan Narasumber yang tampil menyampaikan materi dalam Raker tersebut, H. Helmi Ka Kanwil Kemenag Sumbar, Hendri Pani Dias Kabid Penmad Kanwil Kemenag Sumbar/ Plt. Ka Kankemenag Tanahdatar dan Bupati Tanahdatar diwakili staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Zahratul Khairi dan Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar Ny. Hj. Nazifah Helmi.

Raker dibuka secara resmi oleh Ka Kanwil Kemenag Sumbar H. Helmi didampingi Plt. Ka Kemenag Tanahdatar H. Hendri Pani Dias dan Ketua DWP Kanwil Ny. Mazifah Helmi.

Ka Kanwil Kemenag Sumbar H. Helmi dalam arahannya ketika membuka Raker tersebut menyampaikan, Kita punya 7 program unggulan Kementerian Agama RI dan 9 program inovasi, maka hendaklah kesemua program itu dapat mendatangkan manfaat bagi masyarakat.

Disamping itu dia menjelaskan Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) tentang pelayanan haji di Sumbar tahun lalu sangat tinggi, predikat itu harus kita pertahankan dan tingkatkan lagi tahun ini dan tahun berikutnya, pinta Ka Kanwil.

Dia juga meminta kalau ada persoalan internal yang terjadi di jajaran Kemenag, mari kita selesaikan secara baik-baik dan jangan sampai dilemparkan ke media sosial, karena media sosial tak akan menyelasaikan masalah.

Dalam kesempatan tersebut dia mengharapkan agar Raker itu dapat melahirkan program kerja yang tangguh guna memajukan Kemenag kedepan.

Kemudian Bupati Tanahdatar diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Zahratul Khairi dalam sambutan tertulis Bupati, mengharapkan semoga Raker Kemenag berjalan dengan lancar dan dapat membuat program keagamaan untuk pencerahan Tanahdatar.

Dia juga berharap sinergitas Kemenag dengan Pemda Tanahdatar semakin meningkat dimasa datang, karena kerjasama Kemenag dengan Pemda Tanahdatar selama ini sejalan dengan tujuan Bupati yakni menciptakan kabupaten madani berlandaskan ABS-SBK.

Bupati sangat mendukung program program keagamaan, karena Kemenag menjadi perhatian khusus bagi kami, begitu kata pak Bupati, ujar Zahratul Khairi.

Selanjutnya Plt. Ka Kankemenag Tanahdatar H. Hendri Pani Dias dalam sambutannya mengatakan, Raker merupakan sebuah kemestian dalam membuat rekomendasi inovasi baru atau pemikiran baru dari jabaran 7 program unggulan Kemenag.

Saya baru sebagai Plt. Ka Kankemenag di Tanahdatar ternyata banyak pula hal baru yang saya temukan di lapangan dan ini adalah pembelajaran bagi saya.

Kemudian kata H. Hendri Pani Dias, disamping mensukseskan 7 program unggulan Kementerian Agama, juga akan laksanakan 11 program inovasi revitalisasi tahun 2023, yaitu Kesatu Silatar : Sistem Layanan Administrasi Terpadu Kamenag Tanah Datar. Kedua Melaksanakan Thaharah Masjid bersama 14 KUA dan Seluruh Madrasah di 137 masjid dan mushalla se Tanahdatar.

Ketiga Pencatatan Zakat Non Neraca di BAZNAS target 20 M. Keempat Sukses Implementasi Kurikulum Merdeka di seluruh Madrasah. Kelima Layanan Terpadu Terkait Pembinaan jamaah calon Haji bersama KBIHU Luhak Nan Tuo. Keenam Jumat pagi (Jumpa PAI ) bersama siswa SD, SMP, SMA dan SMK.

Ketujuh Penguatan Moderasi Beragama Dengan Rencana pencanangan nagari Simawang sebagai Kampung Moderasi Beragama di Tanahdatar. Kedelapan Kampanye Mandotory Halal, tahap pertama 18 Maret 2023 di 3 Titik Lokasi. Dan Kesembilan Penetapan nagari Kumango sebagai nagari kampung zakat.

Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar Ny. Hj.Nazifah Helmi dalam sambutannya menegaskan DWP Kemenag harus mampu memahami AD/ART Dharma Wanita itu sendiri agar organisasi dapat berjalan dengan baik sesuai tujuannya.

DWP beserta anggotanya harus tau dan paham dengan 5 Nilai Budaya Kerja Kemenag. “Bagaimana seorang istri akan bisa mendukung tugas suaminya, kalau dia tidak tau dan mengerti dengan tugas suaminya. Kemudian DWP harus memantaskan diri, yaitu isi kepala dengan ilmu pengetahuan dan isi dada dengan iman dan takwa.

Ketua Panitia Pelaksana Raker H. Yusmarli melaporkan, kegiatan Raker digelar 21 sampai 22 Maret 2023 dan dibiayai dari dana Dipa Kantor Kemenag Kabupaten Tanahdatar tahun 2023. (y/STM).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *