Daerah  

RAT KPN Syari’ah Kemenag Tanah Datar

Limakaum,metrosumatranews.com.

Di auditorium kampus 2 UIN Mahmud Yunus Batusangkar Cubadak Selasa (27/2/2024) berlangsung Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke-41 Tahun Buku 2023 dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanah Datar H. Amril selaku pembina Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Syari’ah Kantor Kemenag Tanahdatar.

Sebagaimana RAT KPN Syari’ah Kemenag tersebut dihadiri Kadis Koperindag Tanah Datar Hendra Setiawan, Dewan Pengawas Syari’ah Prof. Dr. H. Syukri Iska dan Pimpinan Bank Nagari Syari’ah Batusangkar. Sementara anggota KPN yang hadir dari masing masing madrasah diwakili 4 orang anggota.

Ka Kankemenag H. Amril dalam arahannnya menyampaikan, RAT KPN merupakan penilaian dan pengawasan terhadap jalannya perkoperasian. Ia berharap agar anggota KPN dapat memberikan masukan kepada pengurus untuk kemajuan KPN tersebut.

Ka Kankemenag selaku pembina KPN meminta kepada setiap pimpinan Saturan Kerja (Satker) untuk mengajak ASNnya untuk menjadi anggota KPN tersebut. Kemudian dalam pembiayaan anggota harus adanya SOP yang mengikat dan dalam pelaksanaan tugasnya Pengurus harus berpedoman kepada AD/ART yang telah ditetapkan bersama.

Selanjutnya H. Amril berharap agar Pengurus KPN yang baru periode 2024- 2026 dapat melaksanakan tugasnya sesuai aturan yang ada sehingga mampu meningkatkan KPN yang lebih baik, benahi apa yang belum sempurna, jadi koperasi ini koperasi yang sehat dan buat program inovasi untuk mensejahterakan anggota.

Kadis Koperasi dan UMKM Tanahdatar Hendra Setiawan dalam sambutannya mengatakan, dari 170 KPN yang ada di Tanahdatar hanya 70 KPN yang menggelar RAT. Ia berharap agar kedepannya KPN lebih banyak lagi melaksanakan RAT.

Menurut laporan Ketua KPN Syari’ah Kemenag H. Yusmarli menjelaskan, Aset KPN Syariah Kemenag tahun buku 2023 sudah mencapai Rp 26 milyar. Kemudian SHU tahun buku 2023 sebanyak Rp. 398 juta, sedangkan SHU tahun buku 2022 sebesar Rp. 670 juta. Sementara anggota KPN Syari’ah Kemenag sampai sekarang berjumlah 582 orang.

Dari hasil pemilihan dan pembentukan pengurus baru KPN Syariah Kantor Kemenag periode 2024- 2026, selaku Ketua KPN ditunjuk Syafrijal, Wakil Ketua Armis, Sekretaris Dahlanuddin, Wakil Sekretaris Bahrul Fahmi, dan Bendahara Rina Hastati, Sedangkan Dewan Pengawas Rina Susanti, Zulandris dan Hardison.

Di acara RAT tersebut Bank Nagari Syari’ah Batusangkar ikut memberikan reward kepada anggota melalui undian diantaranya, Kompor gas, megic com, setrika, dispencer, pell modern, piring jepang, penggorengan, dispenser beras, kipas angin dan tudung saji. (Y/STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *