News  

Ratusan Mahasiswa Gelar Aksi di Depan Kantor Gubernur Sumbar

Padang,metrosumatranews.com.           Aksi memperingati Hari Buruh Internasional 1 Mei 2021 atau May Day di depan Kantor Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Sabtu (1/5/2021). dilakukan dengan duduk di badan Jalan Sudirman.

Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi BEM se-Sumbar Para peserta aksi juga membawa sejumlah spanduk yang menyuarakan terkait buruh. Aksi mereka dikawal oleh polisi dari Polresta Padang.

Kemudian beberapa orang melakukan orasi di depan ratusan mahasiswa. Selain orasi, diantaranya juga membacakan sejumlah puisi untuk menyuarakan aspirasi, Orator yang berdiri di depan ratusan mahasiswa mengatakan, bahwa aksi dilakukan untuk membersamai buruh-buruh di Sumbar.

Mereka mengadu ke Gubernur Sumbar untuk meminta memberikan hak-hak buruh.“Sebab banyak hak buruh di Sumbar terancam terzolimi terutama oleh undang-undang yang namanya omnibus law,” katanya.

Selain itu, mereka juga meminta agar Gubernur Sumbar menyatakan sikap untuk memaksimalkan Upah Minimum Provinsi (UMP) untuk para buruh. Sebab saat ini UMP sangat rendah dan tidak ada kenaikan sejak tahun sebelumnya, “Upah buruh kita sangat rendah, tidak ada kenaikan, itu ke itu saja, kita meminta Gubernur Sumbar menaikkan upah,” harapnya.

Kemudian, saat ini juga banyak perusahaan yang melanggar yaitu banyak buruh yang tidak mendaftarkan buruhnya ke BPJS Ketenagakerjaan. Karena itu hak buruh yang tidak bisa dibiarkan begitu saja.. (Net/Dewi)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *