News  

Sebelum Khatam Al-Qur’an Dilaksanakan Diawali Pertemuan Ninik Mamak

Salimpaung,metrosumatranews.com.

Khatam Al-Qur’an Santri TPA Nurul Ikhlas Jorong Nan IX Nagari Salimpaung Kabupaten Tanah Datar akan dilaksanakan Minggu 17 Juli diawali dengan pertemuan Ninik Mamak (Ipa Ninik Mamak) dari 4 Pesukuan di Jorong Nan IX Koto Piliang,Sitabek,Payobada dan Bendang Melayu.

Ipa Ninik Mamak adalah tradisi akan dipertahankan di Jorong Nan IX setiap akan dilaksanakan Khatam Al-Qur’an, Ipa Ninik mamak memperbincangkan apa bentuk kegiatan khatam yang diadakan sekaligus untuk melepas anak kemanakan dalam mengundang orang ramai menghadiri kegiatan khatam tersebut.

Itulah hasil pertemuam panitia pelaksana khatam Al-Qur’an Santri TPA Nurul Ikhlas Jorong nan IX Nagari Salimpaung Senen (11/07/2022) yang dipimpin oleh Ketua Panitia Al fajri.A.Md pito Kayo didampingi Sekretarisnya Destuliadi.

Al Fajri sampaikan, Khatam yang dilaksanakan di masjid nurul ikhlas Nan IX ini kita tampilkan kebersamaan demi menyukseskan kegiatan khatam tersebut, sehingga kita melibatkan potensi yang ada di Jorong Nan IX baik dikampung halaman maupun diperantauan.

Sebagaimana kata Ketua Panpel tersebut, dalam kegiatan khatam ini kita butuh pembiayaan mencapai Rp.36 Juta, sementara jumlah anak atau santri kita yang ikut hanya 24 orang dan ada diantaranya tiga beradik yang ikut, sedangkan orang tua wali murid kita bebankan kontsribusinya Rp.1 juta per anak.

Sebut Al Fajri dan kesepakatan Panitia kita membuat proposal ke masyarakat yang ada di kampung dan perantauan, Alhamdulillah berkat kebersamaan telah mengalir bantuan atau sumbangsih dari masyarakat kita.

Al Fajri pun sebut, Khatam Al-Qur’an disamping diawali dengan pertemuan Ninik Mamak (Ipa Ninik Mamak) pada Sabtunya (16/07/2022) kita melakukan pawai atau arak-arakan peserta khatam yang diiringi santri TPA yang ada di jorong Nan IX mengelilingi Kampung atau Jorong Nan IX.

Selanjutnya pada Minggunya (17/07/2022) khatam bagi peserta lalu akan diundang Bupati Tanah Datar dan Anggota DPRD Tanah Datar Dapil 4 serta Camat,Polsek,Danramil,Ka KUA,Wali Nagari Salimpaung dan Ninik Mamak dari 4 Pesukuan yang ada di Jorong Nan IX, tutur Al Fajri.

Al Fajri pun sampaikan bahwa Ipa Ninik Mamak malam ini sukses dan dihadiri oleh Ninik Mamak yang ada di Jorong Nan IX 4 Pesukuan dan kami mengucapkan terima kasih kepada Ninik mamak dan tokoh masyarakat atas dukungan dan partisafasinya dalam kegiatan khatam ini.(STM).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *