News  

SMPN 2 Payakumbuh Fokus Pada Kegiatan Pesantren Ramadhan

Payakumbuh, metrosumatranews.com.-Seluruh sekolah di Payakumbuh, mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK) sampai SMP sejak 27 Maret 2023 lalu hingga 17 April 2023 mendatang fokus pada kegiatan Pesantren Ramadan 1444H/2023.

Hal itu juga dilakukan SMP Negeri 2 Payakumbuh, sejak 27 Maret lalu sudah mulai menggelar Pesantren Ramadhan.

Menjawab media ini, Kepala SMPN 2 Negeri Payakumbuh Desfiwati S. Pd. M.Si mengatakan, kegiatan selama Ramadhan di SMPN 2 diberikan beberapa materi, dimulai dari awal Ramadhan, siswa belajar di rumah guru untuk mengikuti bimbingan implementasi kurikulum merdeka berupa pemanfaatan Canva dalam pembelajaran.

Narasumber berasal dari guru yang mengikuti inservis IKM yang difasilitasi Ikatan Guru Indonesia ( IGI ) di Royal denai hotel Bukittinggi 7-9 maret 2023 yang lalu.

“Setelah itu baru fokus pada Pesantren Ramadan dilakukan di musholla sekolah, sesuai dengan edaran Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh
Nomor: 421.2/ 410.a/Dikdas-Pyk/2022
Dalam rangka pelaksanaan pembelajaran di Bulan Ramadhan 1444 H Tahun Pelajaran 2022/2023,” jelasnya.

Kegiatan Pesantren Ramadhan ini dibuka oleh Kepala Sekolah, dihadiri semua guru serta orang tua siswa kelas 7&8 yang bertepatan dengan penerimaan laporan hasil belajar tengah semester siswa.

Untuk narasumber pada kegiatan Pesantren Ramadhan, selain dari guru dan kepala sekolah, juga didatangkan secara khusus ustadz/ustadzah dari luar lingkungan sekolah.

Kegiatan Pesantren Ramadhan di SMPN 2 Payakumbuh, mulai pukul 08.00-12.00, dengan agenda, Zikir pagi, Memghafal dan Menyetorkan hafalan surat Al-Mulk, materi shalat, evaluasi dan refleksi kegiatan, dan diakhiri dengan shalat zuhur berjamaah.

Untuk itu, Kepala SMPN 2 Payakumbuh berharap kepada keluarga besar SMPN 2 Payakumbuh untuk menjadikan momentum Ramadhan memperbaiki akhlak dan karakter anak-anak, meningkatkan kataqwaan, memperkokoh silaturahmi dan jalinan kasih sayang diantara orang tua dan anak, hingga terbentuk ketahanan keluarga, guru dan siswa serta masyarakat, sehingga tercipta generasi muda yang cerdas dan berkarakter.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dr.Dasril S.Pd.M.Pd membenarkan saat ini seluruh sekolah di Kota Payakumbuh sedang fokus pada kegiatan Pesantren Ramadhan yang dimulai sejak 27 Maret hingga 17 April 2023 mendatang. Pesantren Ramadhan dilaksanakan pada Mushalla yang memadai di sekolah, atau Masjid terdekat dengan Sekolah.

Selama Bulan Ramadhan 1444 H, jam kegiatan Pesantren Ramadhan dan PBM dilakukan untuk PAUD mulai pukul 08.00 s.d 10.00 WIB, SD Kelas Rendah (Kelas I s.d III) mulai pukul 08.00 s.d 10.00 WIB, SD Kelas tinggi (Kelas IV s.d VI) mulai Pukul 08.00 s.d 11.00 WIB. Untuk SMP mulai Pukul 08.00 s.d 12.00 WIB diakhiri dengan Shalat Zuhur Berjamaah.

“Setiap sekolah melaporkan rencana pelaksanaan Pesantren Ramadhan pada link: https://s.id/Kesiapan_Pesantren_SD_SMP_Payakumbuh,” jelas Dasril.

Dikatakannya, peserta didik dianjurkan melaksanakan kegiatan ibadah dimalam Bulan Ramadhan di masjid terdekat dan mengisi Buku Agenda Bulan Ramadhan.

Lebih lanjut Dasril mengungkapkan, tujuan dari pelaksanaan Pesantren Ramadan ini antara lain, meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan Agama peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Membangun sikap dan karakter berdasarkan nilai-nilai agama, budaya
bangsa dan budaya lokal. Menumbuhkan kesadaran peserta didik untuk tidak melakukan perbuatan tercela dan terlarang menurut ajaran agama, hukum dan budaya lokal.

“Sementara hasil yang diharapkan dari gelaran Pesantren Ramadan ini, kualitas iman dan ibadah peserta didik meningkat, pengamalan ibadah peserta didik semakin terampil, wawasan dan pemahaman peserta didik tentang konsep ajaran Islam bertambah luas dan hafal beberapa ayat pilihan secara tartil. Karakter peserta didik membudaya di sekolah sesuai dengan ajaran Islam,” rincinya.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *