News  

TIM Pengabdian Masyarakat UNP Dukung KWT Nagari Salimpaung Berwirausaha Dengan Memberikan Pelatihan Olahan Tomat

Salimpaung,metrosumatranews.com.

Dosen Departemen Ilmu Adminstrasi Negara Yuliarti,S.E.,M.E. dan Hidayatul Fajri, MPA, serta dosen Prodi Tata Boga Ezi Anggraini,M.Pd, yang tergabung dalam tim Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Padang (UNP) mengadakan kegiatan bersama Ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) MAWADDAH di Nagari Salimpauang Kecamatan Salimpauang Kabupaten Tanah Datar, akhir September 2023 lalu.

Kegiatan dibuka oleh ketua tim pengabdian Yuliarti,S.E.,M.E.menyampaikan ucapan terima kasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Padang yang telah mendanai kegiatan ini, serta kepada mitra pengabdian KWT MAWADDAH yang sudah menerima dan menyambut baik kehadiran Tim Pengabdian.

Mengingat nagari salimpauang memiliki potensi hasil tani yang melimpah dan banyaknya sampah hasil tani yang busuk karena tidak terjual saat musim panen, maka tim pengabdian Universitas Negeri Padang mencoba memperkenalkan produk olahan dari tomat yang dapat disimpan lebih lama dan memiliki nilai jual. Bahkan diharapkan produk yang dilatih dalam kegiatan ini, nantinya dapat dijual sebagai oleh-oleh khas.

Ibu Ezi Anggraini, M.Pd. selaku narasumber  memberikan pelatihan pembuatan kerupuk tomat dan permen jelly tomat, kegiatan didampingi oleh ketua tim pengabdian serta beberapa orang mahasiswa.

Sebagaimana kegiatan ini diadakan di rumah anggota KWT Ibu Tarnawilis yang dihadiri oleh Ketua KWT MAWADDAH Elzafitri dan juga anggota lainnya.

Secara singkat Ibu Ezi Anggraini,M.Pd memberikan pemaparan tentang langkah-langkah pembuatan kerupuk tomat dan permen jelly tomat, serta memberikan beberapa tips dan trik yang bermanfaat dalam pengolahan. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan praktik langsung dan setiap peserta dibekali dengan buku resep (cetak) sebagai panduan. Selama praktik Ibu-ibu KWT tampak antusias dalam mengerjakan setiap tahapan pengolahan.

Sebelumnya tim pengabdian telah melaksanakan kegiatan tahap awal dengan memberikan sosialisasi tentang penyusunan business plan secara sederhana dan pelatihan pembuatan google business, dengan narasumber Iip Permana, S.T.,M.T.  dosen Universitas Negeri Padang yang sebelumnya memiliki pengalaman di e-commerce.

Semua kegiatan pengabdian ini merupakan rangkaian dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan tema “Mewujudkan Masyarakat Berwirausaha Melalui Pelatihan Business Plan Pengembangan Olahan Tomat Di Nagari Salimpauang Kabupaten Tanah Datar”.(STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *