Agama  

TPQ al-Jihad Surau Pinang Nagari Ampang Gadang Mengkhatamkan 22 Santri

Ampek Angkek,metrosumatra.com.
Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) al-JIHAD Surai Pinang gelar alek Khatam sebanyak 22 Orang Santri.

Perayaan tahunan khatam al-Quran ini yang dihelat Sabtu-Minggu ( 13-14/04/2024) yang selalu digelar saat momen lebaran di TPQ al-Jihad Surau Pinang Nagari Ampang Gadang, Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam Sumatera Barat.

Perayaan khatam al-Qur’an tahun ini di TPQ al- Jihad Surau Pinang mengkhatam sebanyak 22 orang santri, dan mewisuda sebanyak 22 santri tahfizh.

Demikian dikatakan Kepala Sekolah TPQ al-Jihad Surau Pinang Reni Hidayat melalui lisan salah seorang Majelis Guru Fitri Susanti kepada metrosumatra.com Sabtu (13/4/2024).

Fitri sebut, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan bagi masyarakat, dan ini merupakan alek masyarakat, dan puncaknya arak-arakan (pawai) adalah Minggu (14/04).

Namun bagi kami para ustadz dan ustadzah puncak itu adalah hari ini, ” Bagi kami para guru, puncak khatam itu adalah hari ini disaat santri baca al-Quran”, bagi masyarakat bahwa puncak khatam itu adalah saat pawai dan arak-arakan digelar, sebut Fitri.

Kepala Sekolah TPQ al-Jihad Reni Hidayat juga katakan, bahwa yang namanya alek masyarakat, tentu saja semua masyarakat terlibat dalam kegiatan ini, maka formasi aleknya dibuat dalam dua bentuk, pertama khatam (saat santri membaca qur’an) hari ini, yang kedua alek arak-arakan atau pawai yang akan digelar Minggu (14/04/2024).

Sebagai pimpinan dan majelis guru TPQ yang dipercayai oleh masyarakat, kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaan untuk mendidik dan mengajar disini, berkat kerjasama antara guru dan murid alhamdulilllaah hari ini kita telah mengkhatam anak-anak kita, kata Reni Hidayat mengakhiri.(Irw/STM).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *