News  

Tradisi Masyarakat Nagari Situmbuk Maantaan Padi jo Mangubang

Salimpaung,metrosumatranews.com.
Kekecewaan masyarakat Nagari Situmbuk Kecamatan Salimpaung atas ketidak hadiran  Bupati Tanah Datar dan Wakil Bupati (Eka Putra/Richi Aprian) di Situmbuk Art and Culture Festival akhir 2022 lalu sekarang harap jangan gagal lagi.

Itulah yang disampaikan oleh beberapa tokoh masyarakat Nagari Situmbuk sekaligus ibuk-ibuk Bundo kandung yang sejak pagi mejunjung talam untuk berarak masuk arena acara satu nagari satu ivent yang akan dibuka Bapati Tanah Datar Eka Putra,Sabtu (19/08/2023) dilapangan bola kaki Nagari Situmbuk.

Sebagaimana, Alhamdulillah walaupun telah lewat dari jadwal Bupati Tanah Datar tiba di nagari Situmbuk langsung disambut masyarakat Situmbuk dengan tarian serta tampilan kesenian bela diri nagari Situmbuk.

Hadir pada acara pembukaan tersebut Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Arkadius Dt. Intan Bano, Ketua DPRD Tanah Datar H. Rony Mulyadi Dt. Bungsu, Bupati Tanah Datar periode 2005-2015 M. Shadig Pasadigoe, anggota DPRD kabupaten Tanah Datar, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Ketua IKA DPRD Kabupaten Tanah Datar Ny. Afrida Rony Mulyadi, Kepala OPD, Camat beserta Forkoimca, Wali Nagari se Kecamatan Salimpaung, angku-angku, niniak mamak, cadiak pandai, alim ulama, bundo kanduang, tokoh masyarakat, pemuda dan undangan lainnya itupun berjalan sukses dan lancar.


Amril Gustian ketua panitia sampaikan, tiga hari persiapan dengan tema maantaan padi Jo mangubang, berbagai kegiatan kesenian anak nagari, parade tradisi anak nagari dan penampilan UMKM yang ada.

Sukses acara ini dengan bantuan pemerintah daerah dan donasi ditengah masyarakat nagari Situmbuk dikampung dan perantauan, mudah mudahan kegiatan ivent ini untuk meningkatan perekonomian masyarakat dan pembangkitan kepariwisataan yang ada di nagari Situmbuk.

Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya sampaikan, Situmbuk melaksanakan ivent tanpa pendampingan  kulator karena pemamfaatkan potensi yang ada luar biasa, dengan penampilan kesenian anak nagari sesuai perencanaan bulan lalu dalam bincang-bincang bersama wali nagari.

Kata Bupati, memang terlaksana kegiatan ivent adalah adanya saling sinergi antara masyarakat,pemerintah dan potensi yang ada di tengah masyarakat kampung halaman serta perantauan.

Bupati Eka Putra selanjutnya mengapresiasi panitia dan masyarakat nagari Situmbuk dalam pelaksanaan satu nagari satu ivent dan juga telah sukseskan program unggulan lainnya seperti tahfiz dan lainya.(STM).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *