News  

Unik di Tanah Datar, Khatam Al-Qur’an Bagi Lansia Di Musholla Nurul Huda Ladang Koto Sungai Tarab .

Sungai Tarab metrosumatranews.com Biasanya Khatam Al Quran, Bagi anak-anak, usia puluhan Tahun, Namun di Dusun Ladang Koto, Nagari Sungai Tarian,Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, yang Khatam usia diatas 50 tahunan.

Untuk mengembalikan minat baca Al Quran, ditengah-tengah masyarakat, warga Dusun Ladang Koto, Tanah Datar ini, mengkhatamkan 19 Warga Lansia. keseluruh lansia ini, ada yang memang baru setahun ini, pandai baca Al Quran, dan ada yang hanya memperbaiki bacaanya.

Ketua pelaksana Khatam Al Quran di Dusun, Ladang Koto, M. Rum Jamar, mengatakan, dalam waktu setahun kami mempersiapkan Khatam bagi Lansia ini, akhirnya terwujut juga, Sabtu 26/2/2021.

“Kami panitia pelaksana, sangat mendambakan, agar para lansia yang ada di Dusun Ladang Koto ini, menamatkan Al Quran dengan fasik dan bisa membaca juga mengamalkanya” ungkapnya.

M.Rum Jamar, dengan adanya Khatam Al Quran Lansia, yang kami adakan di Dusun Ladang koto ini, ini adalah untuk pemacu, bagi masyarakat untuk megembalikan minat baca Al Quran ini” katanya.

Merasa unik dan baru pertama kali di laksanakan di Dusun, Ladang Koto Sungai Tarab Tanah datar, menggelar Khatam Al Quran dan pertunjukannya juga dengan menggelar pawai keliling yang, digelar oleh peserta Lansia itu.

Safni Mira,(61 Tahun) peserta Khatam Al Quran lansia, dalam hal ini, mengatakan, saya memang dahulu, waktu Sekolah Dasar sudah pernah Khatam” katanya.

Memang benar apakata orang tua kita, kaji kalau tidak di ulang akan lupa, begitu pula kita, karna sibuk, dirantau mengurus cucu dan kegiatan lain, kita mempunyai minat untuk, menamatkan Al Quran lagi” ungkap nenek yang sudah mempunyai 4 orang cucu itu.

Kami berharap kepada masyarakat, jangan lah malu kita untuk belajar membaca Al Quran ini, dan disamping kita belajar membaca, kita pelajari pula makna yang terkandung di dalamnya.

“Mudah-mudahan, di kampung saya ini akan menjadi acara rutin tiap tahunya, dan juga menjadi motifasi bagi nagari lain, dan kami juga berharap kepada pemerintah agar, mengembalikan minat baca Al Quran di Tanah Datar ini, menjadi betul-betul jadi program khusus, bukan hanya bagi anak-anak, tapi sampai kepada lansia” pungkasnya (Boy)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *