News  

UNIKS dan UHTP Memiliki Kedekatan Emosional, Lebih Mudah Untuk Bekerjasama

Kuansing,metrosumatranews.com.

Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) dengan Universitas Hang Tuah Pekanbaru (UHTP) bersepakat jalin kerja sama tentang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan peningkatan kualitas sumber daya manusia serta dukungan terhadap program merdeka belajar-kampus merdeka (MBKM). Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak yakni Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes dan Rektor UHTP Prof. Dr. H. Syafrani, M.Si, berlangsung di Aula UHTP, Kamis (03/06/2022).

Pihak UNIKS turut hadir pada penandatanganan MoU tersebut Wakil Rektor I M. Irwan, SE., MM dan Ketua Lembaga Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat dan Dakwah Islamiyah (LPPMDI) H. Fitrianto, S.Ag., M.Sh, sedangkan dari pihak UHTP tampak hadir pejabat struktural, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Dekan, Kepala Lembaga dan Kepala Biro, Ketua Program Studi dan Kepala Bagian.

Bendahara Yayasan Hang Tuah Pekanbaru H. Marlis Saleh, S.Sos, mewakili Ketua Yayasan menyambut hangat kehadiran Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes yang tidak asing lagi bagi UHTP, karena Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes dulunya merupakan dosen tetap, pernah sebagai Ketua Program Studi Rekam Medis, Ketua Program Studidi Ilmu Kesehatan Masyarakat dan pernah juga menjadi Wakil Ketua I (Bidang Akademik) selama 2 periode, sebelum bernama Universitas Hang Tuah Pekanbaru, yakni STIKES HANG TUAH PEKANBARU.

Rektor UHTP Prof. Dr. H. Syafrani, M.Si juga menyampaikan, bahwa saya dan Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes mempunyai kedekatan emosional sehingga kita (UNIKS dan UHTP) mudah untuk melakukan kesepakatan kerja sama kedepannya untuk diimplementasikan bersama.

“Kita juga akan lakukan MoA MBKM dengan seluruh program studi yang ada di UHTP dan UNIKS, semoga kedepannya dapat mengadakan program Pelatihan Applied Approach (AA) bersama yang dilaksanakan oleh UHTP dan UNIKS bekerjasama dengan Universitas Negeri Padang (UNP)”, harapnya.

“Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes, selama ini turut serta membesarkan UHTP (dulunya bernama STIKES HANG TUAH PEKANBARU), beliau sering dipercaya oleh Ketua Yayasan Hang Tuah sebagai Sekretaris Tim Pendirian Program Studi S1 Ilmu Keperawatan dan Program Studi D3 Kebidanan serta S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, yang kini menjadi program studi favorit di UHTP”, sebutnya.

Sejalan dengan itu, Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes mengucapkan terimakasih kepada Rektor UHTP Prof. Dr. H. Syafrani, M.Si beserta jajaran yang telah memfasilitasi penandatanganan naskah kesepakatan kerja sama ini.

“Terimakasih juga saya ucapkan kepada Pengurus Yayasan HTP yang sudah memberikan kepercayaan selama ini. Saya ini merasa dibesarkan oleh Yayasan Hang Tuah Pekanbaru sebelum saya berkarir sebagai dosen PNS di Fakultas Kedokteran dan FKM Universitas Andalas (UNAND) Padang. Banyak pelajaran yang saya petik selama dibina oleh Yayasan HTP ini di bawah pimpinan bapak dr. H. Zainal Abidin, M.P.H dan Bapak H. Moh. Sukri, SH, bapak H.Marlis Saleh, Sos dan (alm) bapak Drs. M. Tuah, S.K.M, dari mereka ini saya banyak belajar bagaimana menjadi seorang pimpinan perguruan tinggi yang visioner, wisdom dan motivasi sukses, kiat dan strategi mengatasi konflik, sabar dan tenang saat menghadapi masalah kantor, serta cara bekerja dengan target yang terukur”, imbuhnya.

“Kita (UNIKS dan UHTP) berharap MoU dan MoA tetang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan peningkatan kualitas sumber daya manusia serta dukungan terhadap program merdeka belajar-kampus merdeka, benar-benar ada tindak lanjut dan implementasinya sehingga menambah nilai akreditasi antara kedua universitas dan program studi terakreditasi baik sekali menuju unggul”, tambahnya.

Ketua Yayasan Hang Tuah Pekanbaru, dr. H. Zainal Abidin, M.P.H melalui putrinya dr. Aldiga Abidin, M.K.M Wakil Rektor II UHTP titip salam kepada Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes dan menyambut baik kesepakatan kerja sama UNIKS dan UHTP ini. Beliau dan jajaran berencana akan datang ke Kuantan Singingi melakukan kunjungan balasan penandatanganan naskah MoA di kampus UNIKS pada bulan Agustus 2022 mendatang.(h).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *