News  

Untuk Pengawasan Penyediaan Dan Pendistribusian Khusus Pupuk Subsidi Dilapangan Harus Berpedoman Pada 7 Tepat

Pagaruyung,metrosumatranews.com.      – “Untuk pengawasan penyediaan dan pendistribusian khusus pupuk subsidi nanti ke lapangan harus berpedoman pada 7 Tepat yaitu tepat jenisnya, tepat jumlahnya, tepat mutunya, tepat waktu pendistribusiannya, tepat sasarannya dan tepat harganya.

Sebagaimana terjangkau oleh petani. Maka perlu pengamanan dan pengawasan secara terkoordinasi dan komprensif oleh Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3),” pesannya.

Tim KP3 (Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida) Tanah Datar lakukan rapat koordinas terkait pendistribusian pupuk dan obat-obatan pertanian kepada petani, Jum’at (27/11) di Aula Eksekutif kantor bupati setempat.

Staf Ahli Bupati Bidang Ekobang Nusyirwan dalam sambutan mengatakan kegiatan pengawasan sangat  penting. “Dengan adanya pengawasan yang komprehensif maka pupuk dan pestisida yg beredar di tengah-tengah masyarakat dapat terjamin kuantitas dan kualitasnya,” ucap Nusyirwan mewakili bupati.

Lebih lanjut Nusyirwan sampaikan pemberian pupuk bersubsidi bertujuan untuk melindungi petani dari kebijakan harga pupuk dunia sehingga petani dapat membeli pupuk sesuai kebutuhan dan kemampuan dengan harga sesuai Harga Eceran Tertinggi /HET yg ditetapkan pemerintah.

Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Masni Yuletri dalam laporannya mengatakan kelangkaan pupuk saat ini menjadi isu strategis dan perlu kajian yang mendalam agar petani tidak menjerit dengan langkanya kebutuhan yang mendasar bagi petani.

Masni Yuletri berharap agar semua tim di lapangan punya pandangan yang sama terkait persoalan di lapangan, sehingga tidak ada persoalan yang timbul dan pendistribusian pupuk kepada petani terawasi dengan baik.

Sementara terkait SK Tim KP3 saat ini masih diberlakukan SK tim tahun sebelumnya, sehingga tim sudah dapat turun ke lapangan untuk mengawasi pendustribusian pupuk di beberapa sampel dari 127 kios pupuk yang tersebar di 75 nagari.

“Untuk turun ke lapangan tim akan dibagi dan akan mengawasi masing-masing tiga kecamatan,” ucapnya. (W/STM) 

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *