UPTD PUSKESMAS GUNUNG TOAR ADAKAN KEGIATAN GERMAS EDUKASI KESEHATAN DAN SENAM BERSAMA BAGI KLUB PROLANIS PWRI

Kuansing, metrosumatranews.com.
Mengatasi masalah kesehatan masih menjadi sebuah tantangan serius di Indonesia. masalah kesehatan penting terkait pemberantasan penyakit non infeksi, Perubahan pola hidup masyarakat yang makin modern menjadi salah satu dasar Germas (gerakan masyarakat Hidup Sehat)
membiasakan masyarakat menerapkan pola hidup sehat.

Melalui olahraga ringan, UPTD  kesehatan gunung Toar mengelar senam bersama dan edukasi para peserta Program pengolahan penyakit Kronis (prolanis) sebanyak 30 orang yang tergabung dalam Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) dan tenaga kesehatan Gunung toar. Melakukan senam bersama di area parkir puskesmas Gunung Toar, Sabtu (25/09/2021).

Amidalia.S.Kep,  Penanggung Jawab Prolanis menjelaskan bahwa kegiatan ini sudah berdiri tahun 2017 pencetus pergerakan ini para Pensiunan tergabung dalam Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Gunung Toar.

Pada Kegiatan ini dilakukan edukasi, Pengukuran tekanan darah, pengecekan Gula Darah, Pengukuran berat Badan, Penyuluhan Kesehatan dan senam. Kegiatan ini rutin dilakukan seminggu sekali sudah terdata melaui pecare NS.Elvi Fitrianis,Skep. dan data ini diteruskan ke BPJS kesehatan di Tembilahan untuk setiap kegiatan.

Sasaran Kegiatan Prolanis yaitu seluruh Peserta BPJS Kesehatan penyandang penyakit kronis (Diabetes Melitus Tipe 2 dan Hipertensi). sudah terbentuk kelompok peserta (Klub).sekarang sudah berdiri klub prolanis 15 klub  tersebar setiap desa tercatat 400 orang anggota prolanisprolanis.

Antusias masyarakat lanjut usia untuk hidup sehat sangat tinggi suatu apresiasi masyarakat terhadap UPTD kesehatan Puskesmas  Gunung Toar. untuk kegiatan prolanis sudah ada studi banding ke puskesmas kita ungkap Amidalia.

Kepala Puskesmas Gunung Toar Hj.Wenni Syafrita, SKep Mengatakan disisi lain kegiatan Prolanis ini merupakan bentuk kepedulian puskesmas Gunung Toar untuk meninggkatkan derajat kesehatan bagi masyaraka.

Upaya preventitif atau pencegahan yaitu dilakukan melaui kegiatan prolanis jika dilakukan rutin, olahraga ringan bisa membuat tubuh senantiasa bugar, dan pasien yang memiliki riwayat penyakit seperti Hipertensi diabetes melitus, asam urat dan hiperkolesterol bisa terkontrol.

Untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien
dalam kegiatan tersebut dilakukan pula edukasi Penyuluhan oleh dr. Ristika Fitri.

Selain minum obat secara teratur, ada beberapa banyak hal yang harus diperhatian yaitu harus berolahraga minimal 30 menit rutin, memeriksa gula darah dan tekanan darah mengikuti edukasi kesehatan untuk menambah wawasan mengenai penyakit kronis dan tidak kalah pentingnya adalah mengatur pola makan kata dokter Tika.

Zainal Abidin  Ketua Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Gunung Toar mengakui bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, kami sangat senang mengikuti senam bersama Puskesmas dengan Peserta prolanis yang lain.

Selain menyehatkan juga dapat menjalin Silaturahmi saling berbagi informasi  dan terpenting kami bisa saling menyemangati agar optimis menjalani Hidup, tutur Zainal Abidin. (Hari)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *