Agama  

Wisuda Hafidz Pertama di Nurul Hidayah Puncak Mortir

Pariangan,metrosumatra.com.

Wisuda atau haflah waqaf hafidz pertama atau perdana semenjak surau Tahfizh Nurul Hidayah Puncak Mortir Jorong Guguak Nagari Pariangan berdiri sebanyak 32 hafidz Rabu (26/06/2024) langsung dihadiri Bupati Tanah Datar Eka Putra.SE.MM.

Ini merupakan mendukung Program Unggulan Bupati Tanah Datar, Satu Rumah Satu Hafidz/Hafidzah, Ketua Panitia MR.Dt. Indo Malano, M.Pd dalam pembukaannnya dihadapan Bupati Tanah Datar.

Menurut MR.Dt. Indo Malano, M.Pd wisuda hafidz ini semoga terus berlanjut, anak-anak hafidz terus meningkat hafalannya dari 1 juz hingga 30 juz, dan surau tahfizh ini salah satu dari rumah tahfizh di Jorong Guguak dan ini juga berkat bantuan dari donatur mulai dari nol hingga saat ini sudah wisuda yang pertama.

Sedangkan tokoh Masyarakat Syafril Dt. Rajo pada kesempatan yang sama juga sampaikan jika Nagari Pariangan juga dijuluki sebagai nagari tuo di Minangkabau dan sebagai tonggak sejarah cikal bakal masyarakat Minangkabau yang mana sejarahnya seperti guguak ampang, lurah indak babatu, sawah satampang baniah dan lainnya, sehingga sudah selayaknya untuk pengembangan hafidz dan hafidzah dan sesuai dengan filosofi adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah.

Pada kesempatan yang sama Wali Nagari Pariangan Tasman, SE, AK menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Eka Putra yang telah berkenan hadir pada acara haflah waqaf hafidz alquran tersebut.

Dikatakan Tasman haflah waqaf tahfidz qur’an tersebut juga sebagai implementasi dari Progul Bupati yaitu satu rumah satu hafidz dan hafidzah dan masyarakat Nagari Pariangan sangat mendukung progul tersebut.

“Nagari Pariangan mendapat dua julukan yaitu nagari tuo di Minangkabau dan nagari terindah di dunia, dari itu kita berharap ada dampak multi efek bagi nagari dari itu sangat butuh perhatian dari pemerintah daerah, sehingga kedepannya di samping menjadi tempat wisata alam juga sebagai tempat wisata religi, “harapnya.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas pelaksanaan wisudah hafidz tersebut, karena ini mendukung dan sejalan dengan program pemerintah daerah menjadikan Tanah Datar sebagai kabupaten tahfidz.

“Saat ini di Tanah Datar sudah hampir 19 ribu anak sudah hafidz Alquran, dan itu akan terus ditingkatkan hal ini juga guna menanamkan sedari dini pada anak-anak cinta alquran, sehingga akan dapat membentengi dari berbagai pengaruh buruk pergaulan dan medsos saat ini,”ujarnya.

Dikatakan Bupati Eka Putra tantangan kedepan semakin berat dari itu Pemerintah Daerah Tanah Datar terus berupaya mencetak generasi yang tangguh, berkarakter, hafidz quran dan taat beribadah kepada Allah SWT, sehingga terhindar dari pengaruh buruk pergaulan yang tidak baik.

Bupati Eka Putra berharap di tahun 2045 nanti di saat Negara Indonesia merayakan ulang tahun yang ke-100 tahun Tanah Datar telah mempersiapkan generasi emas hafidz qur’an. (pr/STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *