News  

Yb Datuak Parmato Alam : “Payakumbuh Kota Ternyaman di Sumbar”

PAYAKUMBUH,- Tiada kota yang senyaman Kota Payakumbuh di Sumbar selama ini. Dari berbagai sisi, Kota Payakumbuh nyaman juga untuk ditempati.

Begitulah ungkapan Yendri Bodra Datuak Parmato terkait pandangannya terhadap kondisi Kota Payakumbuh saat ini. Anggota DPRD Kota Payakumbuh itu menilai, dari 19 kota kabupaten di Sumbar, tidak ada senyaman Kota Payakumbuh.

“Payakumbuh kotanya sejuk, nyaman untuk ditempati. Tiada senyaman Payakumbuh” ujar Yendri Bodra Datuak Parmato Alam ketika diwawancarai terkait persiapan Golkar menuju Pileg dan Pilkada 2024 pada Sabtu (21/5) sore.

Menurut Ketua DPD Golkar tersebut, ada 4 faktor yang mendukung kenyamanan bagi Kota Payakumbuh. Yaitu alam, keamanan, sosial masyarakat dan sosial budaya termasuk adat istiadat.

“Soal alam, suhu di Payakumbuh itu sejuk. Kota tidak sumpek dan tidak gersang. Kalau panas, tidak terlalu panas dan kalau dingin tidak juga terlalu dingin. Walaupun ada pergeseran iklim tapi Payakumbuh tetap sejuk,” ujar mantan Ketua DPRD Kota Payakumbuh tersebut.

Kemudian, Kota Payakumbuh juga jauh dari ancaman bahaya bencana alam. Seperti gempa bumi, tanah longsor serta banjir. “Payakumbuh Alhamdulillah jauh dari sumber gempa bumi apalagi tsunami. Topografi Payakumbuh umumnya datar, cuma beberapa titik ada perbukitan. Kemudian soal banjir, selama ini belum ada yang terlalu parah hingga merendam rumah warga sampai sekian meter. Alhamdulillah,” ucapnya.

Soal keamanan, Ketua Pokdar Kamtibmas itu menilai, kriminalitas Payakumbuh masih belum se ekstrim daerah lain. Apalagi siaganya petugas dari Polres Payakumbuh sehingga kriminalitas bisa diminimalisir.

Masyarakat Kota Payakumbuh, ucapnya tergolong masyarakat yang memiliki jiwa sosial yang tinggi. Suka menolong dan saling bergotong royong. “Saling menolong, suka bergotong royong dan memiliki rasa sosial yang tinggi. Begitulah masyarakat Kota Payakumbuh,” ujarnya.

Kandidat kuat calon Walikota Payakumbuh itu menilai, masyarakat Kota Payakumbuh sangat menjunjung tinggi perbedaan-perbedaan antar masyarakat Buktinya saja, selama ini belum pernah terjadi konflik antar suku yang berujung anarkis walaupun berbeda pendapat.

Payakumbuh, ujarnya, sitempati oleh puluhan bahkan ratusan etnis suku. Tak hanya dari Ranah Minang saja melainkan dari berbagai suku bangsa Indonesia. Tetapi, meski berbeda suku dan ras, masyarakat tetap hidup rukun dan saling menghargai.

“Masyarakat Payakumbuh sangat menghargai perbedaan ini. Kalau kita cermati dan rasakan, Payakumbuh memang kota ternyaman. Payakumbuh, kota kecil yang sedang berkembang,” ucap Yendri Bodra Datuak Parmato Alam. (FR)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *