Agama  

Ka Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat Me-Launching Pusaka Sakinah di KUA Lima Kaum

Batusangkar,metrosumatranews.com.
Sebagaimana hadir dalam prosesi launching Pusaka Sakinah adalah camat Lima Kaum, Koramil, Kapolsek, para Kepala KUA, Pengawas Madrasah/PAI Penyuluh Agama Islam perwakilan staf KUA se Kabupaten Tanah Datar dan Kasi Bimas Islam beserta staf.

Ka Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat diwakili Kabid Urais H.Edison me-Launching Pusat Layanan Keluarga Sakinah (Pusaka Sakinah ) di Kantor KUA Kecamatan Lima Kaum Rabu (25 /08/2021).

Dalam arahannya Ka Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat mengatakan, tujuan didirikannya Pusaka Sakinah tersebut ialah untuk melakukan bimbingan dan layanan masyarakat islam dalam urusan ketangguhan keluarga untuk mengurangi angka perceraian. Diharapkan pusaka sakinah itu dapat memberikan pencerahan demi keutuhan rumah tangga orang-orang yang sudah menikah.

Ka Kanwil Kemenag menyampaikan bahwa pengukuhan Asosiasi Penghulu Republik Indonesia ( APRI ) Tanah Datar yang dilakukan Ka Kankemenag H. Syahrul itu merupakan yang perdana di Sumatera Barat, maka kami berharap semoga menjadi sinyal bahwa APRI Tanah Datar menjadi yang terbaik dan percontohan di Sumatera Barat nantinya.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Agama nomor 7 tahun 2020 bahwa pejabat fungsional wajib memiliki organisasi profesi karena organisasi profesi merupakan wadah untuk perlindungan hukum dan sebagai ajang untuk menyampaikan aspirasi.

Ka Kanwil berharap kepada Asosiasi Penghulu Republik Indonesia ( APRI ) Tanah Datar, setelah pengukuhan ini untuk segera menyusun program kerja tingkatkan ilmu pengetahuan dan keprofesian.

Ka Kankemenag Tanah Datar H. Syahrul dalam sambutannya menyampaikan dengan disatukannya penghulu dalam sebuah organisasi diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan profesional di bidang pekerjaannya, jalin komunikasi yang baik dengan unsur-unsur terkait sebagai pendukung kerja penghulu itu sendiri, jadilah penghulu berkualitas yang profesional dan APRI yang berintegritas.

Dalam kesempatan tersebut ketua APRI Sumatera Barat Syaiful Rijal dalam sambutannya menjelaskan tujuan APRI dibentuk ialah untuk meningkatkan keutuhan dalam peningkatan kualitas penghulu untuk menjalin dan mempersatukan penghulu sehingga seluruh anggota yang ada terakomodir dengan baik serta untuk perlindungan hukum apabila ada penghulu tersandung hukum dalam menjalankan tugasnya. (y/STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *