News  

Laga Seru Akan Menjadi Pembuka Di Pacu Jalur Ajang Uji Coba Tepian Rajo Kecamatan Pangean

Kuansing,metrosumatranews.com.

Menjelang pembukaan pacu jalur ajang uji coba di Tepian Rajo Kecamatan Pangean, panitia pelaksana telah melaksanakan acara pencabutan undian di Aula Kantor Camat Pangean pada, Rabu (20/07/2022) pagi.

Sebanyak 87 buah Jalur Kunsing-Inhu yang akan berlaga sudah mendapatkan lawan mereka masing-masing dan dibagi kedalam 43 kali hilir plus 1 hilir pemenang bay.

Dari 43 kali hilir tersebut, ada beberapa hilir yang menjadi perbincangan Masyarakat pencinta pacu jalur, salah satunya adalah hilir ke-14. Dimana pada hilir tersebut akan mempertemukan antara Siposan Rimbo Ketua DPRD Kuansing (kiri) dari Desa Pauh Angit Kecamatan Pangean VS Kahulu Jantan Danau Kompe asal dari Desa Benai Kecil Kecamatan Benai.
“Kami sangat menantikan hilir ke-14, ini akan menjadi laga yang seru dimana masing-masing Jalur tersebut merupakan andalan dari Kecamatan mereka” kata Tuk Ebel.

“Seperti yang kita ketahui Siposan Rimbo mempunyai nama besar, terbukti dengan 4 kali mendapatkan juara pertama di event Nasional Taluk Kuantan. Namun demikian, jangan pandang sebelah mata Jalur Kahulu Jantan, mereka juga pernah meraih prestasi pada acara Pacu Jalur ditahun-tahun sebelumnya,” ucap Tuk Ebel menambahkan.

Dikatakan Tuk Ebel, ada juga beberapa laga seru di hari pertama Pacu Jalur ajang Ujo Coba Tepian Rajo Kecamatan Pangean tersebut.

“Seperti hilir ke-38 antara Tuah Kala Jengking Muda Indragiri dari Inhu VS Pendekar Panjang Bukit Siguntur dari Pisang Berebus Kecamatan Gunung Toar,” kata Tuk Ebel.

Tuk Ebel juga mengatakan, Pacu Jalur ajang uji coba di Tepian Rajo Kecamatan Pangean kali ini merupakan sejarah baru karena Kehadiran Tuah Kala Jengking Muda Indragiri yang langsung datang dari Danau Baru, Rengan Barat, Inhu.

“Selama ini ada juga Jalur dari Kecamatan Peranap dan Batang Pernap Kabupaten Inhu yang hadir seperti, Panah Ombak Sutan Mudo, Sialang Soko dan Batu Hijau. Selain itu dibagian Hulu Kuansing ada juga Jalur Siluncur Sakti dari Serosah Kecamatan Hulu Kuantan,” kata Tuk Ebel.

Terkahir kata Tuk Ebel, Pacu Jalur ajang uji coba di Tepian Rajo Kecamatan Pangean ini bakal terasa lebih seru.

“Selama Pandemi Covid-19, perhelatan Pacu Jalur di Kabupaten Kuansing ditiadakan, untuk tahun ini sudah mendapatkan izin dan saya yakin para pecinta Paju Jalur Rantau Kuantan akan berdatangan untuk menyaksikan langsung. Dan saya berpesan kepada Masyarakat pencinta Pacu Jalur agar tetap menjaga kebersihan, jangan buang sampah ke Sungai Kuantan,” tutup Tuk Ebel yang juga merupakan Sekretaris Olang Pulai Pencinta Alam (OP PALA). (h).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *